Pencari Karir Pencari Kandidat

TopKarir dan Pemprov DKI Berkolaborasi Luncurkan Layanan Ketenagakerjaan Berbasis Online, Jaknaker.id

18 November 2021 13:11 553 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

Balai Kota Jakarta  -  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan PT TopKarir Indonesia meluncurkan layanan Jaknaker.id, pada Kamis (18/11), di Balaikota DKI Jakarta. Jaknaker.id merupakan layanan online untuk memberikan informasi terkait lowongan kerja, pelatihan kerja (online maupun offline), tes minat bakat bagi pencari kerja, layanan pelatihan online bagi UMKM, dan layanan ketenagakerjaan lainnya.

 

"Upaya menyediakan layanan ketenagakerjaan (Jaknaker.id) merupakan bentuk kontribusi nyata kolaborasi yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta dalam memberikan layanan ketenagakerjaan yang secara langsung dan dapat dirasakan oleh masyarakat. Kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya ke depan untuk menghadapi permasalahan ketenagakerjaan di masa pandemi COVID-19," jelas Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria yang turut hadir dalam acara tersebut.

 

Lebih lanjut, Wagub Ariza mengatakan, portal ketenagakerjaan hadir untuk menyikapi tantangan perubahan dunia yang mengarah pada otomasi dan digitalisasi. Jaknaker.id memberikan kemudahan bagi para pemberi kerja (demand) dan pencari kerja (supply) termasuk di dalamnya berbagai informasi kunci yang dibutuhkan dalam rangka mendukung proses best matching, seperti gaji, keterampilan khusus, dan keahlian teknis.

 

"Pertemuan kita hari ini merupakan salah satu langkah penting dalam pengembangan sistem informasi ketenagakerjaan, khususnya untuk masyarakat Jakarta, Jaknaker.id yang dapat diimplementasikan secara penuh dan digunakan secara luas oleh masyarakat berkat kerja sama yang harmonis dan sinergis antara Pemprov DKI Jakarta dengan PT TopKarir Indonesia. Diharapkan aplikasi ini dapat memberikan informasi pekerjaan yang sesuai bagi masyarakat," ungkap Wagub Ariza.

 

Seperti yang diketahui, saat ini merupakan era revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan kemajuan teknologi, informasi, dan komunikasi dalam berbagai bidang kehidupan. Untuk itu, Wagub Ariza berpesan agar dapat meningkatkan kolaborasi terhadap layanan di bidang ketenagakerjaan lainnya. Ia pun mengajak seluruh pihak, mulai dari masyarakat, lembaga pelatihan, perusahaan, dinas terkait hingga BKK untuk berpartisipasi aktif dalam memanfaatkan seluruh layanan Jaknaker.id secara maksimal.

 

"Pemprov DKI Jakarta tidak hanya berupaya dalam membuka penempatan kerja secara formal (kontrak kerja) antara pencari kerja dan pemberi kerja, tetapi juga berupaya membuka ruang bagi para pencari kerja melalui penempatan kerja informal, yaitu menjadikan para pencari kerja menjadi seorang wirausaha. Harapannya tidak hanya untuk meningkatkan perekonomian, tetapi juga dapat memberikan lowongan kerja (kesempatan kerja)," terang Wagub Ariza.

 

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta, Andri Yansyah menjelaskan bahwa peluncuran Jaknaker.id merupakan tindak lanjut dari Penandatanganan Perjajian Kerja Sama antara Pemprov DKI Jakarta melalui Disnakertrans DKI Jakarta dengan PT Top Karir Indonesia pada Jumat, 10 September 2021. Kemudian, pada 16 November 2021 telah dilakukan uji coba pada layanan Jaknaker.id, sehingga saat ini seluruh layanan dalam Jaknaker.id sudah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

 

"Sasaran layanan Jaknaker.id ini yaitu dinas terkait dalam hal ini Disnakertrans, Dinas Pendidikan dan Dinas PPKUM, forum BKK, guru, alumni hingga perusahaan dapat memanfaatkan layanan Jaknaker.id secara maksmimal. Semenjak dimulainya kerja sama, sebanyak 1.421 orang pencari kerja sudah melakukan registrasi pada Jaknaker.id dengan total lamaran sebanyak 166.773. Semoga kolaborasi ini dapat memberikan manfaat secara langsung bagi masyarakat," ucap Andri Yansyah.

 

Perlu diketahui, saat  ini layanan Jaknaker.id sudah terintegrasi langsung dalam aplikasi JAKI milik Pemprov DKI Jakarta. Selain itu, ke depan Disnakertrans Provinsi DKI Jakarta bersama PT Top Karir Indonesia akan melaksanakan kegiatan 'Job Canvassing' ke Perusahaan (Industri) serta 'Job Matching' ke para pencari kerja di wilayah Provinsi DKI Jakarta (Talent/Pencaker).

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Tips Cepat Dapetin Proyek Kerja Freelance di TopKarir

Tips Cepat Dapetin Proyek Kerja Freelance di TopKarir

Pekerjaan freelance kini kian populer, semakin banyak anak muda yang mencari jenis pekerjaan ini. Selain penghasilan yang menggiurkan, waktu dan tempat kerja yang fleksibel jadi alasan utama milenial memilih kerja freelance. Banyaknya kandidat freelancer membuat persaingan merebut proyek kerja semakin ketat. Karenanya kamu perlu jadi yang terbaik supaya dilirik sama perusahaan dan dapetin proyek yang diinginkan. Nah, biar kamu dapet kerjaan freelance di TopKarir dengan cepat, berikut tips-tips jitunya: Buka aplikasi TopKarir kamu Pertama, buka aplikasi TopKarir kamu, pastikan profil kamu sudah lengkap 100% ya.     Masuk ke laman akun freelance kamu Selanjutnya pilih kolom freelance di akun kamu, dan klik “lihat akun”     Lengkapi deskripsi diri kamu di kolom Tentang Saya   Selanjutnya isi kolom Tentang Saya dengan deskripsi singkat yang menceritakan diri kamu ya. Deskripsikan diri kamu semenarik mungkin, bisa cerita tentang passion yang kamu punya, kelebihan diri kamu, atau pengalaman keren yang kamu miliki. Dengan melengkapi deskripsi diri, perusahaan bisa lebih mengenal diri dan keunggulanmu lho, kamu jadi punya kesempatan besar mendapat proyek freelance.   Pilih juga beberapa keahlian yang kamu punya   Jangan lupa ya pilih beberapa keahlian yang jadi andalanmu. Pilih keahlian yang benar-benar kamu kuasai, dengan begitu perusahaan bisa melihat kelebihan yang kamu punya dan dipercaya untuk mengerjakan proyek freelance tersebut.   Tambahkan portofolio yang kamu punya   Terakhir tambahkan juga karya atau portofolio yang pernah kamu buat. Isi nama proyek, deskripsikan proyek tersebut, cantumkan link atau tambahkan file portofolio kamu. Dengan melengkapi data portofolio, perusahaan penyedia proyek freelance akan melihat jejak karya kamu, proyek keren apa yang pernah kamu buat. Keuntungannya kamu dinilai punya pengalaman lebih dibanding kandidat freelancer lain lho, dan punya peluang besar mendapatkan proyek freelance.   Nah, kalau data akun freelance mu sudah lengkap, tinggal cari dan lamar proyek impianmu di TopKarir Freelance. Akun freelance yang lengkap akan lebih menarik perusahaan penyedia proyek buat merekrut kamu lho. Jadi makin banyak nih penghasilan tambahan kamu. Yuk, lengkapi data akun freelance kamu sekarang! 
Komentar