KANDIDAT PERUSAHAAN

Tips Menjadi Karyawan Baru Biar Oke di Bulan Pertama

24 Maret 2021 20:03 4841 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

Mendapatkan pekerjaan adalah sesuatu hal yang sangat membahagiakan, hal lumrah jika kamu merasa grogi saat bekerja di hari pertama. Hal yang paling umum yaitu adaptasi dengan lingkungan kerja, rekan kerja, bos dan pekerjaan itu sendiri. Nah cara beradaptasi di tempat kerja baru pun ada strateginya, berikut ini beberapa tips saat menjadi karyawan baru yang bisa kamu terapkan, yuk disimak ya!

 

  • beradaptasi dengan rekan kerja

Di hari pertama kerja, jangan terlalu mencemaskan rasa takut atau respon rekan kerja kamu nantinya. Coba untuk memberanikan diri dengan turut bergabung bersama karyawan lain pada saat-saat jam makan siang, agar kamu bisa lebih cepat akrab dengan rekan kerjamu. Jangan ragu untuk membuka percakapan atau bertanya ya. 

 

  • Usahakan datang tepat waktu

Usahakan datang sebelum bos dan karyawan lainnya datang, kamu bisa memiliki waktu banyak untuk menyiapkan atau mempelajari lebih banyak tentang pekerjaan yang akan kamu kerjakan. karena hal itu pastinya akan memberikan kesan negatif baik dari bos maupun dari rekan sekerja.

 

  • Pilih seseorang menjadi mentor

Pilihlah seorang senior yang bisa kamu jadikan tempat bertanya, baik tentang pekerjaan, lingkungan kerja, atau bahkan politik kantor dan mintalah saran-saran untuk percepatan karirmu. Mentor tersebut tidak harus dengan karyawan di departemen yang sama, tapi carilah seseorang yang pengetahuan atau keahlian ingin kamu serap darinya.

 

  • Berbaur setelah jam pulang kantor

Salah satu cara terbaik untuk berbaur dengan rekan kerja adalah setelah jam kerja. Bisa dengan bermain  game bareng, olahraga bareng, minum kopi bareng atau sekedar nonton bioskop. Sebagai karyawan baru, jika mendapat ajakan untuk bergabung dengan mereka, jangan ragu untuk menerimanya.

 

Nah, itulah empat hal yang perlu diperhatikan ketika menjadi karyawan baru, menjadi karyawan baru tak setakut itu kok. Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya! 

Komentar