Pencari Karir Pencari Kandidat

Tertarik Belajar Bahasa Korea? Beasiswa Kursus Bahasa Korea oleh Korea Foundation Ini Bisa Kamu Coba

29 Juli 2021 12:07 Pembekalan Karir 2263 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 7 KALI DIBAGIKAN

Sejak tahun 1993, Korea Foundation (KF) secara rutin menawarkan program beasiswa kursus bahasa Korea bagi pelajar dan masyarakat internasional (termasuk dari Indonesia).

 

Program 2022 KF Fellowship for Korean Language Training (KLT) akan dilaksanakan pada Korean Language Institute di universitas yang ada di Korea minimal selama enam bulan. Berikut informasi selengkapnya mengenai Beasiswa Kursus Bahasa Korea oleh Korea Foundation.

 

 

Durasi Kursus Bahasa Korea: Minimal 6 bulan dan maksimal 1 tahun. Program kursus akan dimulai pada bulan Maret atau September 2022. Apabila penerima beasiswa memiliki hasil/nilai yang memuaskan, durasi penerimaan beasiswa akan diperpanjang hingga 2-3 bulan (total maksimal 12 bulan).

Kuota Beasiswa: 40 orang

 

CAKUPAN BEASISWA KURSUS BAHASA KOREA

 
  1. Tunjangan hidup per bulan:
    a. Bagi Mahasiswa/Lulusan S1, pemegang gelar BA/MA, atau memiliki pengalaman kerja di bidang yang berkaitan kurang dari 3 tahun akan mendapatkan KRW 1,000,000 (± Rp 12,6 juta) per bulan
    b. Bagi Kandidat PhD atau memiliki pengalaman kerja minimal 3 tahun di bidang yang berkaitan akan mendapatkan KRW 1,200,000 (± Rp 15,1 juta) per bulan.
  2. Tunjangan perjalanan yang diberikan satu kali senilai KRW 300,000 (± Rp 3,7 juta). Perlu diperhatikan, beasiswa yang diberikan tidak termasuk tiket pesawat.
  3. Gratis biaya pelatihan di institusi yang ada di Korea.
  4. Asuransi kecelakaan dan kesehatan yang disediakan oleh perusahaan asuransi Korea.
  5. Tersedia asrama (jika peserta memilih tinggal di asrama kampus, maka uang asrama akan dibayarkan langsung dari tunjangan per bulan).

 

PERSYARATAN BEASISWA KURSUS BAHASA KOREA OLEH KOREA FOUNDATION

  1. Peserta yang dapat mendaftar beasiswa Kursus Bahasa Korea ini adalah mereka yang mengambil jurusan studi Korea (humaniora, ilmu sosial, dan budaya/seni), ATAU yang saat ini terlibat dalam penelitian yang berhubungan dengan Korea, ATAU sedang bekerja pada bidang yang berhubungan dengan Korea, dan memenuhi salah satu profil berikut:
    a. Merupakan mahasiswa Pascasarjana (Master/PhD) yang menempuh jurusan/bidang studi yang berkaitan dengan Korea dengan rencana penelitian yang topiknya berkaitan dengan Korea; ATAU
    b. Merupakan peneliti/dosen/profesor universitas yang saat ini mengajar mata kuliah yang berhubungan dengan Korea atau sedang meneliti hal-hal yang berhubungan dengan Korea di universitas atau institusi penelitian (nirlaba, pemerintah, atau milik pemerintah) atau mereka yang mengajar bahasa Korea di lembaga pendidikan tinggi; ATAU
    c. Profesional yang terlibat dalam aktivitas/pekerjaan yang berkaitan dengan Korea (contoh: kurator galeri museum Korea, pustakawan studi Korea di universitas, jurnalis yang menangani urusan terkini di Korea, dll); ATAU
    d. Mahasiswa minimal tahun ketiga (minimal semester 5) / Lulusan S1 yang sedang/telah mengambil jurusan Studi Korea atau bahasa Korea; ATAU
    e. Mantan Diplomat yang telah menyelesaikan program KF Korean Language & Culture Program for Diplomats dan ingin mengambil lebih banyak kursus yang berfokus pada pelatihan bahasa.
  2. Peserta yang melamar beasiswa ini harus dapat berbicara dan mengerti bahasa Korea minimal level dasar.
  3. Beasiswa tidak diberikan bagi peserta yang:
    a. Merupakan warganegara Korea,
    b. Telah maupun akan studi/melakukan penelitian di universitas yang ada di Korea, atau
    c. Telah menerima KF Fellowship for Korean Language Training dalam 2 tahun terakhir.

 

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN

  1. Formulir Pendaftaran Online termasuk proposal dengan panjang 400 kata dalam bahasa Inggris/Korea, berisi alasan dan tujuan untuk mengikuti pelatihan bahasa Korea, kebutuhan kompetensi bahasa Korea dalam studi atau pekerjaan anda saat ini, serta rencana masa depan.
  2. Fotocopy ijazah dari jenjang pendidikan terakhir. Sedangkan bagi mahasiswa S1 dan pascasarjana (yang belum lulus) bisa melampirkan Surat Keterangan Mahasiswa Aktif (Certificate of enrollment) yang diterbitkan setelah 1 Mei 2021 dan transkrip nilai S1 dan S2.
  3. Bukti kemampuan berbahasa Korea (lampirkan salah satu dokumen berikut):
    a. Sertifikat kemampuan bahasa Korea, seperti TOPIK, KLPT (Korean Language Proficiency Test), dll.
    b. Transkrip nilai program bahasa universitas atau dokumen lain yang sesuai.
    c. Penghargaan resmi yang membuktikan kemampuan bahasa Korea, misalnya sertifikat penghargaaan Lomba Pidato Bahasa Korea yang diadakan oleh Kedubes Korea di RI.
  4. Dua (2) Surat Rekomendasi dari dua orang yang berbeda (disubmit langsung oleh pemberi rekomendasi melalui sistem aplikasi online), yaitu:
    a. Kepala institusi
    – Untuk mahasiswa S1 dan pascasarjana diberikan oleh kepala jurusan, pembimbing tesis, dll
    – Untuk profesor, dosen atau profesional diberikan oleh kepala institusi tempat bekerja
    b. Instruktur/Pengajar bahasa Korea
    Surat rekomendasi diberikan oleh profesor/dosen yang memiliki spesialisasi dalam bahasa Korea dan mampu mengevaluasi kemampuan bahasa Korea dari peserta.
  5. Untuk profesor, dosen, peneliti, profesional serta mantan diplomat melampirkan Surat Keterangan Karyawan (Certificate of employment) yang diterbitkan setelah 1 Mei 2021 dan transkrip nilai dari jenjang pendidikan terbaru.
 

 

Catatan: Terjemahkan dokumen yang masih dalam bahasa Indonesia ke dalam bahasa Korea atau bahasa Inggris, kemudian lampirkan dokumen dalam bahasa Indonesia bersama dengan hasil terjemahannya.

 

CARA MENDAFTAR

  1. Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan anda telah membaca Pengumuman Resmi serta dokumen FAQ yang tersedia pada link berikut: https://apply.kf.or.kr.
  2. Untuk mendaftar Beasiswa Kursus Bahasa Korea oleh Korea Foundation, pelamar harus membuat akun terlebih dahulu dengan cara klik tulisan JOIN pada bagian kanan atas website berikut: KF Online Application System. Pilih Individual Membership.
  3. Isi data-data yang diminta. Kemudian lakukan login dengan akun yang telah didaftarkan. Buka kembali link website di atas (KF Online Application System), kemudian klik Apply pada bagian bawah website. Lengkapi Formulir Pendaftaran Online dan unggah berkas dokumen yang telah di-scan.
  4. Batas waktu pendaftaran Beasiswa Kursus Bahasa Korea oleh Korea Foundation sampai dengan 31 AGUSTUS 2021.
  5. Pengumuman hasil seleksi akan dilaksanakan pada Desember 2021 melalui email yang telah didaftarkan.
  6. Pelatihan akan dimulai pada bulan Maret atau September Tahun 2022.

 

Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai program Beasiswa Kursus Bahasa Korea oleh Korea Foundation, dapat menghubungi kontak berikut:
Email: fellow@kf.or.kr
Pertanyaan seputar pendaftaran online, email ke: helpdesk@kf.or.kr
Sumber Informasi Resmi: 
https://apply.kf.or.kr

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Cara Kekinian Belajar Bahasa Asing ala Fiki Naki

Cara Kekinian Belajar Bahasa Asing ala Fiki Naki

Media sosial kini tengah dihebohkan dengan kemunculan Youtuber muda yang aktif berbicara berbagai bahasa melalui kanal Ome TV.   Fiki Naki mengejutkan banyak pengguna situs video chat itu dengan berinteraksi menggunakan bahasa asing diantaranya, Rusia, Inggris, Perancis sampai Rumania. Hebatnya, laki-laki kelahiran 24 Juli 2000 ini mengaku nggak pernah mengenyam pendidikan di luar negeri.   Dikutip dari pernyataanya di kanal Youtube salah satu acara tv, Fiki mengaku mempelajari bahasa dari berbagai negara secara otodidak hanya dengan memanfaatkan media online.   Sangat menginspirasi bukan? Semua orang bisa seperti Fiki Naki, bahkan mungkin kamu bisa lebih keren dibanding Fiki. Sebab, kemampuan ini bisa dimiliki oleh siapapun jika kita mau dan berusaha mempelajarinya.    Kami rangkung beberapa tips belajar bahasa ala Fiki Naki berikut ini, disimak ya.   1. Bangun niat dan konsistensi Jago berbahasa asing bukanlah hal didapat dengan instan, semua membutuhkan proses selayaknya pencapaian-pencapaian lain. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membangun niat yang kuat dibarengi dengan konsistensi.   Kedua hal ini yang juga diterapkan oleh Fiki Naki dalam prosesnya. Dalam siaran podcast Deddy Corbuzier, Fiki menceritakan bahwa dirinya memegang prinsip niat dan konsisten ketika belajar bahasa asing secara otodidak.   Fiki mengakui belajar bahasa asing bukanlah hal yang mudah, tapi ia percaya, nggak ada yang gak mungkin jika kita punya niat yang besar untuk mempelajarinya. Sejatinya bahasa adalah salah satu subjek yang membutuhkan banyak pengulangan dan konsistensi.   2. Seringlah berlatih dan jangan takut salah Di channel Youtube miliknya, Fiki kerap berbincang dengan orang-orang dari berbagai negara menggunakan bahasa negaranya, hal ini diakui Fiki sebagai cara untuk mengasah skillnya.   Terlibat dalam interaksi langsung dengan orang yang berbeda bahasa akan menumbuhkan rasa percaya diri, mengenal berbagai kosakata baru, dan aksen yang tepat.   Jangan pernah takut salah mengucapkan kata/grammar, sebab ketakutan itu justru akan mengubur usaha kita untuk terus berkembang.   3. Temukan cara ternyaman untuk belajar Di sela-sela kesibukannya sebagai Mahasiswa, biasanya Fiki menghabiskan waktu sekitar 6 jam untuk belajar bahasa. Ia sudah menjadikan bahasa sebagai hobi dan kesukaannya, sehingga hal itulah yang mendorong Fiki untuk betah belajar.   Fiki juga mengaku kalau menonton film jadi salah satu metode efektif untuk belajar. Ketika bosan membaca Fiki memilih metode listening atau menonton.   Kamu juga harus bisa menemukan metode yang efektif untuk membuatmu nyaman ketika belajar. Cari waktu dan durasi yang sesuai dengan jadwal harianmu.   4. Memanfaatkan media online seefektif mungkin Berbagai platform online seperti Youtube banyak menyediakan konten bahasa yang bisa kamu pelajari. Menonton Vlog asal vlogger di berbagai negara juga jadi salah satu caranya.   Setelah mempelajarinya kamu juga bisa menggunakan media online untuk mempraktekkannya secara langsung seperti yang dilakukan Fiki di Ome TV.   Akses belajar sekarang bukan lagi alasan yang menghalangi kamu untuk berkembang, semua bisa didapat dengan mudah dan murah. Media online yang ada sekarang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk membuat diri kita lebih bernilai.   Media belajar kekinian yang bisa kamu coba untuk belajar bahasa juga tersedia di TopEdu. Fitur dari TopKarir ini menyediakan berbagai pelatihan online termasuk bahasa dengan metode yang menyenangkan. Mulai dan cari pelatihan yang kamu mau di sini. Dari Fiki Naki kamu bisa belajar nih, kalau punya niat dan keinginan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa asing dari diri sendiri, kamu bisa belajar dari mana saja. Termasuk dengan memanfaatkan teknologi digital yang ada.   Itu tadi beberapa tips lancar berbahasa asing ala Fiki Naki yang dirangkum oleh TopKarir. Yuk temukan tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store!
7 Pekerjaan Seru di Drama Korea yang Bisa Buat Cita-Citamu Berubah

7 Pekerjaan Seru di Drama Korea yang Bisa Buat Cita-Citamu Berubah

Saat kecil sudah pasti kamu sering di tanya sama guru atau orang tua tentang cita-cita, mau jadi apa kalau kamu besar nanti. Tapi seiring berjalannya waktu ternyata menentukan cita-cita dan mendapatkannya nggak semudah saat kita kecil, karena tentu saja semakin dewasa kita semakin lebih banyak berpikir dan lebih berhati-hati menentukan pilihan dalam berkarir.   Mencari inspirasi dalam berkarir bisa dari mana saja, salah satunya melalui film. Film yang bisa kamu jadikan inspirasi adalah drama korea, drama korea yang banyak penggemarnya itu ternyata bisa kasih kamu banyak inspirasi tentang karir loh, setiap tokoh-tokoh di dramanya pasti memiliki pekerjaan yang seru dan unik. Yuk intip pekerjaan di drama Korea yang bisa jadi inspirasi kamu dalam berkarir!   Jaksa   Banyak drama Korea yang menjadikan profesi jaksa sebagai pekerjaan tokoh utamanya, mungkin karena profesi jaksa sangat menantang dan penuh dengan misteri sehingga cocok untuk dijadikan sebagai drama. Contohnya di drama Korea Suspicious Partner, Ji Chang Wook yang memerankan Noh Ji Wook si jaksa ganteng dan sangat pintar. Kalau kamu tertarik dengan pekerjaan yang menantang dan pintar menganalisis, profesi Jaksa bisa kamu jadikan sebagai cita-cita.   Tentara   Nggak kalah keren dengan jaksa ternyata profesi tentara juga bisa jadi pilihan untuk cita-cita kamu. Kalau kamu suka banget nonton film Descendants of the Sun pasti kamu udah paham banget betapa kerennya profesi tentara, apalagi kalau tentaranya keren-keren kayak Song Joongki ya hihi. Tentara adalah pekerjaan yang mulia dan terhormat yang bisa kamu jadikan sebagi cita-cita.   Dokter   Dokter, banyak dijadikan profesi dalam drama korea. Salah satunya yang menjadikan dokter sebagai profesi tokoh utamanya adalah drama “Doctors”, Yoo Hye-jeo seorang dokter cantik dan senang menolong orang lain yang diperankan oleh Park Shin-hye, sudah menginspirasi banyak anak muda untuk menjadi dokter.   Chef   Salah satu profesi yang bisa kamu jadikan cita-cita adalah chef, untuk kamu yang memang mempunyai passion dalam memasak, chef bisa jadi pilihan terbaik. Drama Korea yang banyak menggambarkan kehidupan chef adalah drama “Pasta”. Kalau kamu tertarik dengan profesi Chef coba yuk nonton drama Korea “Pasta”.   Produser   Nah untuk kamu yang tertarik dibidang kreatif paling cocok kalau cita-cita kamu sebagai produser. Kehidupan produser yang seru dan berwarna-warni bisa kamu lihat di drama korea “The Producer” yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Cha Tae Hyun.   Musisi   Dream High, drama korea yang hits ditahun 2011 yang diperankan oleh Song Sam-Dong (Kim Soo-Hyun), Go Hye-Mi (Bae Suzy), Jin-Kuk (TaecYeon), Yoon Becky (Ham Eun-Jung), Jason (Wooyoung), dan Kim Pil Suk (IU) menceritakan kehidupan bagaimana para musisi berjuang. Untuk kamu yang bercita-cita sebagai musisi, drama Dream High bisa kamu jadikan inspirasi.   Presiden Direktur   Pasti kamu sering nonton drama Korea yang pemeran utamanya berprofesi sebagai Presdir (Presiden Direktur) salah satunya dalam drama “Mater’s Sun”, Joo Jong-won Presdir tampan dan sukses yang diperankan oleh So Ji Sub bisa jadi inpirasi kamu.   Ternyata mencari inspirasi karir bisa kamu dapat dari mana saja salah satunya dari drama Korea yang biasa kamu tonton. Jangan putus asa ya walaupun hidup nggak seindah drama Korea. Tetap semangat!    
Komentar