KANDIDAT PERUSAHAAN

Terapkan 4 Hal Ini Agar Betah di Tempat Kerja Baru Setelah Lulus SMK

24 Maret 2021 20:03 8133 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 21 KALI DIBAGIKAN

Selepas lulus dari bangku sekolah dan berstatus fresh graduate, pastinya kamu ingin segera mendapatkan pekerjaan agar ilmu yang kamu dapat selama ini bisa kamu aplikasikan secara langsung. Tapi selama menjadi karyawan baru kamu butuh proses adaptasi yang engga gampang bahkan gak jarang fresh graduate yang merasa bosan padahal baru saja bekerja. Bosan dengan pekerjaan sebenarnya adalah hal yang wajar, yang perlu kamu lakukan adalah mencari cara untuk mengatasi rasa bosan di kantor. Nah, berikut ada empat tips yang bisa kamu lakukan agar lebih betah bekerja. 

 

  • Ciptakan suasana kerja yang nyaman

Salah satu faktor penting agar kamu betah di tempat kerja adalah dengan menciptakan suasana kerja senyaman mungkin. Kamu bisa mulai dengan berkenalan dan ngobrol dengan karyawan lain sebanyak mungkin sehingga kamu gak merasa bosan dengan pekerjaanmu. 

 

  • Bersikap profesional

Tanamkan sikap profesional walaupun kamu adalah seorang karyawan baru. Apapun yang terjadi kamu harus ingat bahwa kamu adalah seorang karyawan yang menjunjung tinggi profesionalitas. Jadi ketika kamu mendapatkan proyek yang gak kamu sukai atau harus bekerja satu tim dengan rekan kerja yang gak kamu sukai, kamu tetap akan berusaha sebaik mungkin untuk mendapat hasil yang maksimal. Dampaknya, kamu akan lebih puas ketika melihat hasil kerjamu yang baik.

 

  • Bersyukur

Bersyukur adalah cara lain yang ampuh dalam membuat kamu betah dengan pekerjaanmu sekarang. Mulailah mengingat sulitnya mencari pekerjaan saat kamu baru lulus kuliah, bosannya masa-masa jadi pengangguran, dan melihat pada temanmu yang sampai saat ini belum mendapatkan pekerjaan. Dengan ini kamu bisa sadar kalau lelah dan bosan bekerja jauh lebih baik daripada lelah dan bosan jadi pengangguran. 

 

  • Tanamkan rasa ingin tahu

Rasa ingin tahu bisa bikin kamu jadi karyawan yang tahan banting dan serba bisa. Kamu gak akan merasa pesimis atau malas ketika mendapat tugas yang belum pernah kamu kerjakan atau bukanlah keahlianmu, karena kamu menganggap ini semua sebagai bentuk pelajaran yang pastinya akan berguna untuk kariermu saat ini atau nanti. 



  • Fokus pada kinerja

Daripada terus mengeluh, lebih baik fokus untuk terus meningkatkan kinerja. Terkadang sikap cari perhatian dan menginginkan pujian dari atasan bisa bikin kamu betah bekerja lho. Karena kamu pasti akan melakukan apapun untuk mendapatkan hasil kerja yang maksimal. Kamupun gak akan terlalu peduli dengan suasana kerja yang sebenarnya membosankan. 

 

Itu dia tipsnya ya. Dalam dunia kerja kamu gak bisa asal resign hanya karena merasa bosan. Sebagai pekerja, kamu harus punya mental kuat dan gak manja. Yuk temukan tips lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya!

Komentar