KANDIDAT PERUSAHAAN

Profesi Guru: Apa Saja Keahlian yang Dibutuhkan Posisi Ini?

29 Maret 2021 08:03 10326 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 7 KALI DIBAGIKAN

Memilih profesi guru sebagai jenjang karier merupakan pilihan yang tepat untuk Anda yang menyukai dunia pendidikan. Meski terlihat umum, namun pekerjaan menjadi seorang guru tidaklah mudah dan perlu memiliki banyak keahlian.

 

Bahkan, profesi guru membutuhkan skill sosial dan psikologi yang tinggi dari pekerjaan lainnya. Guru yang baik memiliki kemampuan untuk mengubah kehidupan dan mengembangkan siswa yang terpelajar dan terhormat. Mereka bukan hanya dituntut untuk membantu dan mendukung pertumbuhan pengetahuan, tetapi juga meningkatkan pribadi siswa yang baik. 

 

Nah, untuk Anda yang ingin berprofesi sebagai guru, berikut tujuh keahlian atau skill yang perlu dikuasai.

 

Kepemimpinan

Seorang guru yang baik harus memiliki kemampuan untuk memimpin dan membimbing kelas mereka. Guru harus bisa mengatur sejumlah kepribadian yang berbeda, termasuk anak-anak yang nakal, dan mengarahkan mereka ke arah yang benar. Mereka memimpin dengan memberi contoh dan harus mampu menjadi teladan yang baik dalam kehidupan para siswa.

 

Baca juga: Cara Mudah Menggunakan Internet Untuk Guru 

 

Rasa hormat

Meski lebih tua dan harus dihormati, guru yang baik tetap perlu menghormati para siswanya di kelas. Dengan begitu, siswa akan merasa aman untuk membagikan nilai dan pendapat mereka. Keahlian ini juga menjadikan teman sekelas mereka belajar menjadi pendengar yang baik dan menghargai pemikiran orang lain dan menjadi saling menghormati.

 

Multitasking

Mengajar tidak hanya tentang mengikuti kurikulum dan menilai kertas ujian, namun ini juga tentang multitasking atau mampu menguasai banyak pekerjaan sekaligus. Seorang guru yang baik perlu memiliki pandangan di belakang kepalanya dan harus dapat memantau perilaku siswanya serta menjaga perhatian mereka saat menyelesaikan kelas. Setelah kelas selesai, mereka perlu merencanakan minggu berikutnya, serta membuat dan menilai tes dan tugas, sehingga keahlian multitasking akan sangat diperlukan.

 

Baca juga: Kunci Sukses Berkarir Sebagai Guru di Era Digital

 

Kemampuan Mengajar

Keahlian yang satu ini memang sudah seharusnya dimiliki oleh semua orang yang ingin mengambil profesi guru. Tetapi, menjadi guru bukan hanya tentang menyampaikan pelajaran yang Anda miliki untuk mendidik orang lain. 

 

Anda harus memiliki keterampilan lain, gaya mengajar sendiri, dan kemampuan untuk menjelaskan serta mendemonstrasikan dengan jelas sehingga konsep yang tidak mudah dipahami dapat disederhanakan menggunakan contoh atau alat peraga yang mudah diingat siswa.

 

Komunikasi

Guru harus memiliki kemampuan komunikasi yang luar biasa. Mereka harus dapat berinteraksi dengan orang-orang dari segala usia, termasuk rekan kerja, murid, orang tua, dan pimpinan. Pendidik harus secara efektif menyampaikan informasi, memahami sudut pandang yang berbeda dari orang lain dan menjelaskan alasan pilihan yang mereka buat terkait dengan pengajaran yang diberikan.

 

Baca juga: Bermimpi Jadi Public Relation? Keterampilan Ini Wajib Kamu Miliki!

 

Kecerdasan Emosional

Keahlian lainnya yang tak kalah penting harus dimiliki seorang guru adalah kecerdasan emosional. Betapapun marah atau kesalnya Anda, Anda harus memiliki kemampuan untuk mengendalikan emosi dan tidak membiarkan emosi menguasai hingga menyakiti para siswa. Jika tidak mampu menguasai keahlian yang satu ini, tentu Anda akan gagal dalam mendidik.

 

Sabar

Kesabaran adalah kunci saat menangani anak-anak dan remaja. Pasalnya, tidak semua siswa akan berperilaku baik dan Anda harus memahami hal itu. Anda juga perlu bersabar jika seorang murid tidak memahami apa yang Anda katakan. Anda harus menemukan cara alternatif untuk menjelaskan berbagai hal sehingga bisa diterima oleh para siswa. Dan tentunya, hal tersebut membutuhkan tingkat kesabaran yang tinggi.

 

Nah, agar sukses menjadi seorang guru, yuk simak berbagai tips karier menarik lainnya di sini. Jangan lupa download aplikasi TopKarir sekarang dan  mendapatkan info lowongan keja terbaru, info magang, tips karir, Topkarir Klinik, Pelatihan online Topedu, dan sebagainya.

Komentar