KANDIDAT PERUSAHAAN

Pertanyaan “Horor” Lebaran dan Cara Aman Menjawabnya, Bebas Minder!

22 Juni 2021 08:06 5473 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 11 KALI DIBAGIKAN

Lebaran identik dengan silaturahmi, berkumpul bersama anggota keluarga dan sanak saudara. Namun, seringkali pertanyaan-pertanyaan yang datang dari anggota keluarga/kerabat yang lebih tua, bikin mood kita turun seketika. Alhasil cuma bisa jawab pakai senyum aja.

 

Maklum aja, generation gap (kesenjangan generasi) dalam sebuah keluarga besar tentu membentuk berbagai pandangan dan nilai yang berbeda-beda. Misalnya generasi boomers berpikir kalau di umur 25 tahunan seseorang sudah harus berumah tangga. Namun generasi milenial sekarang lebih fokus meniti karir lebih dulu dan stabil secara finansial ketimbang menikah.

 

Pertanyaan-pertanyaan yang seringkali muncul terkadang juga bikin kita minder. Nah, supaya kamu bisa lebih siap dengan kemungkinan pertanyaan yang biasa diajukan di momen lebaran, simak dulu 5 pertanyaan horor saat lebaran dan cara menjawabnya di bawah ini.

 

Cari lowongan kerja terbaru di wilayah Palembang? Temukan di sini.

 

1. Pertanyaan buat kamu si mahasiswa “Kapan lulus?”

Pertanyaan yang satu ini jadi pertanyaan horor buat kamu yang lagi berjuang di semester akhir. Saat stres sama tugas akhir, pertanyaan sejenis ini cukup sensitif dan cukup bikin mood menciut. Tapi justru kamu bisa jadiin pertanyaan ini sebagai motivasi biar semangat menyelesaikan skripsi/tugas akhir.

 

Kamu bisa nih menjawabnya dengan pernyataan “segera sidang kok, doain lancar dan dapet nilai yang memuaskan ya”.

 

2. “Kerja dimana sekarang”/”udah kerja belum?”

Biasanya pertanyaan ini jadi pertanyaan lanjutan dari “kapan lulus?”. Buat fresh graduate pertanyaan ini sebenarnya bentuk perhatian keluarga perihal masa depan karir kamu.

 

Tapi nyatanya pertanyaan seperti ini seringkali bikin kita minder, apalagi tau kalau anggota keluarga lain yang seumuran sudah bekerja dan punya penghasilan tetap. Kamu bisa jawab dengan pernyataan “masih cari yang cocok nih, doain aja dapat yang terbaik”.

 

3. Nggak kalah greget “Mana calonnya?”

Saat momen lebaran pertanyaan satu ini juga cukup bikin kita menghela nafas, apalagi buat yang statusnya masih jomblo.

 

Kalau kamu dihadapkan dengan pertanyaan seperti ini, jawab dengan pernyataan yang santai dan dibawa asik aja misal, “masih belum keliatan hilalnya nih” atau “kita lagi LDR-an, dia lagi di masa depan”.

 

Cari lowongan kerja terbaru di wilayah Solo? Temukan di sini.

 

4. Pertanyaan level terhoror jatuh kepada “kapan nikah?”

Pasti pertanyaan yang satu ini jadi yang paling ditakuti remaja-dewasa umur 20an. Baik kamu yang masih jomblo atau sudah punya pasangan pertanyaan semacam ini harus udah punya jawabannya nih.

 

Kalau ada yang melayangkan pertanyaan ini, kamu bisa balas dengan jawaban “Doain aja ya biar cepet dipertemukan jodohnya” atau “nikah itu bukan soal siapa paling cepat, tapi siapa yang udah siap” mantap, bukan?

 

Itu tadi beberapa pertanyaan yang sering datang di momen lebaran dan cara aman menjawabnya. Temukan juga tips dan informasi karir lainnya di sini. Rencanakan dan bangun karir hebatmu bareng TopKarir, download aplikasinya gratis di App Store dan Play Store.

Komentar