KANDIDAT PERUSAHAAN

Pekerjaan Online di Masa New Normal dengan Gaji Menggiurkan

24 Maret 2021 20:03 7077 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 3 KALI DIBAGIKAN

Wabah pandemi Covid-19 mengubah banyak kebiasaan hidup masyarakat, termasuk juga aktivitas kerja dan perkantoran. Pekerjaan dengan sistem remote dan work from home dipilih untuk mendukung kebijakan Pemerintah demi memutus rantai persebaran virus.

 

Memasuki masa new normal, mobilitas kerja mulai kembali hidup begitupun proses rekrutmen yang sempat tertunda. Saat ini, pekerja online yang bisa melakukan pekerjaan secara fleksibel sedang banyak dicari perusahaan, sebab kantor masih menerapkan pembatasan jarak sosial. Jangan salah, pekerjaan online juga menjanjikan penghasilan yang nggak kalah besar dibanding bekerja kantoran.

 

Berikut ini beberapa jenis pekerjaan online di masa new normal dengan gaji yang menggiurkan.

 

Content writer & Copywriter

Buat kamu yang suka nulis, freelance writer di era new normal lagi banyak dibutuhkan. Perusahaan membutuhkan content writer yang bisa menulis artikel untuk mengoptimasi situs web mereka. Kepiawaian kamu dalam membuat artikel menarik dan membahas hal-hal yang lagi trend diburu banyak perusahaan.

 

Kalau kamu punya minat dan bakat menulis persuasif, kamu juga bisa terjun ke ranah copywriting, sebuah seni menjual melalui tulisan. Seorang copywriter dibutuhkan oleh perusahaan untuk mendukung aktivitas marketing, mendorong aksi sampai membujuk audiens untuk melakukan apa yang diinginkan.

 

Graphic Designer

Buat yang lebih suka mengolah gambar visual, pekerjaan ini emang nggak ada matinya, selalu ada lowongan kerja yang menawarkan posisi graphic designer. Supaya bisa diperhitungkan, seorang graphic designer harus punya pengalaman dan portofolio desain yang banyak nih. Nggak susah kok, kamu bisa pajang karya-karya terbaikmu di media sosial. Atau bisa gabung di situs-situs kreatif seperti Kreavi, Behance, Dribbble, dan lainnya, bisa sekalian cari inspirasi dan bangun relasi di situs kreatif tersebut. Kompetisi desain seperti membuat poster atau logo juga bertebaran di media sosial, kamu bisa coba ikutan untuk nambah pengalaman dan portofolio kamu.

 

Kamu tau logo Pertamina? harganya diperkirakan mencapai USD 350.000 atau pada saat itu sekitar Rp 4,6 miliar. Angka yang fantastis bukan? Untuk sebuah logo dengan bentuk dan warna sederhana. Eits, tapi nggak sesederhana yang dibayangkan lho. Menciptakan sebuah logo untuk brand ternama dan punya makna di setiap komposisinya jadi tantangan berat buat para desainer, ya sebanding lah dengan harga. 

 

Web Software Engineer 

Profesi satu ini punya tugas menganalisis permasalahan dan kebutuhan pengguna dengan membuat aplikasi perangkat lunak komputer atau sistem untuk menjawab kebutuhan tersebut. Diperlukan ketelitian yang tinggi untuk menekuni bidang ini, orang-orang yang berpeluang untuk mendapatkannya biasanya berasal dari lulusan teknik informatika.

 

Profesi ini nggak beda jauh dengan programmer dan system analyst. Yang membedakan seorang software engineer harus menguasai Software Development Life Cycle (SDLC) untuk mengembangkan perangkat lunak, mulai dari requirement sampai maintenance.

 

Freelance Translator

Kalau kamu menguasai bahasa asing, di era new normal, penerjemah lepas bisa jadi profesi yang santai tapi nggak kalah menghasilkan. Kamu bisa mengerjakannya cuma dari rumah. Banyaknya perusahaan nasional yang bekerja sama dengan perusahaan asing, membuat pekerjaan ini selalu dicari-cari. Belum lagi industri media, penerbit buku juga membutuhkan jasa freelance translator.

 

Sertifikasi seperti TOEFL dan IELTS yang kamu punya semakin memperbesar peluang karirmu. Kalau kamu menguasai banyak bahasa asing, lebih banyak lagi kesempatan kerja yang menunggu kamu.

 

Tutor Online

Sekarang jaman sudah beralih ke digital. Kegiatan belajar bisa dilakukan tanpa harus bertatap muka langsung dengan guru atau tutornya, tinggal buka layar handphone bisa belajar dimana aja. Melihat sistem belajar yang semakin berkembang, profesi tutor online kini jadi salah satu yang menjanjikan.

 

Kalau kamu punya pengalaman sebagai guru les, asisten dosen, atau tutor, sekarang kamu bisa mulai beralih menjadi tutor online. Tinggal siapkan materi video belajar dan beberapa soal latihan, kamu bisa bekerja sama dengan platform pelatihan online, seperti TopEdu. 

 

Reseller

Sekarang jualan nggak harus punya toko / kios, cuma modal laptop, smartphone, dan jaringan internet aja kamu sudah bisa menjalankan bisnis. Caranya ya jadi reseller, kamu bisa beli barang-barang secara online dari supplier dan menjualnya lagi dengan harga yang sudah disesuaikan.

 

Nggak perlu pusing mikirin produksi, kamu tinggal menyusun strategi promosi dan menempatkan konten promosi di platform yang sesuai. Kamu bisa menjualnya di media sosial atau marketplace. Kamu bisa mulai dengan bergabung di TopKarir Freelance untuk mencari supplier dengan produk-produk berkualitas yang membutuhkan reseller. Yuk, mulai bisnismu sebagai reseller di sini.

 

Itu tadi beberapa pekerjaan online yang bisa kamu coba tekuni di masa new normal. Yuk baca tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store ya!

Komentar