KANDIDAT PERUSAHAAN

Mengontrol Emosi saat Terlibat Konflik di Tempat Magang

24 Maret 2021 20:03 3713 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Ketika terlibat konflik dii lingkungan magang atau di lingkungan kerja. Ada banyak hal yang harus diperhatikan untuk mengontrol emosi kamu agar tidak menimbulkan masalah yang baru lagi. Ini dia tips jitu mengontrol emosi saat terlibat konflik di lingkungan kerja, yuk disimak!

 

  • Menenangkan Diri

 

Ketika kamu terlibat dalam masalah, dan kamu sudah merasa emosi dan marah dengan situasi yang sedang kamu hadapi. Tenangkan pikiran kamu, dan berpikirlah secara logis dan mencari solusi. Kamu bisa mencoba ini untuk menenangkan diri kamu ; Mengontrol napas – Saat menarik napas, fokuskan pikiran kamu pada napas yang masuk ke hidung atau bayangkan pemandangan yang indah. Lakukan secara berulang, hitung 1 s.d 10 – Dalam hati, hitung dari satu sampai sepuluh secara perlahan untuk meredakan emosi. Jika perlu, lakukan beberapa kali, mengalihkan perhatian – Kamu bisa mengalihkan perhatian pada hal-hal lain seperti menonton TV atau pergi ke toilet.

 

  • Mengingat Dampak Negatif yang Akan Terjadi

 

Emosi yang meledak bisa membuat dampak negatif pada sekitar kamu. Kamu harus bisa mengingat dampak yang akan terjadi agar diri kamu dapat menahan amarah kamu. Pikirkan apa saja yang akan terkena dampaknya ketika kamu marah, seperti hancurnya benda sekitar, atau membuat kericuhan di tempat kerja. Hal ini akan membuat atasan turun tangan hingga kamu mendapat pemecatana oleh atasan.

 

  • Melupakan dan Memaafkan

 

Kamu sering mengungkit-ungkit masalah lama sehingga kamu merasa marah? Mulai sekarang, maafkan mereka yang telah memberi kamu masalah (misalnya menyakiti, membohongi, merendahkan, atau menjelekkan kamu) dan lupakanlah semua perbuatan mereka. Selain itu, hal ini juga menghindari adanya rasa balas dendam dalam diri kamu.

 

 

 

 

Komentar