KANDIDAT PERUSAHAAN

Mau Sukses Jadi Freelancer? 5 Syarat ini Harus Kamu Penuhi!

24 Maret 2021 20:03 6395 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 4 KALI DIBAGIKAN

Tren kerja freelance di tahun 2020 ini semakin banyak diminati generasi muda. Apalagi kalau bukan fleksibilitas yang menjadi alasannya. Yap, tentu karena generasi sekarang lebih nyaman bekerja tanpa harus merasa diatur, mereka ingin bebas mengatur gaya kerjanya. Namun pada dasarnya semua pekerjaan sama-sama mempunyai tanggung jawab dan proses yang nggak instan untuk bisa memenuhi tujuan perusahaan. Selain punya kelebihan, bekerja freelance juga punya banyak tantangan nih, nggak semudah membalikan telapak tangan untuk bisa sukses. Tapi tenang aja, TopKarir punya rahasiannya, yuk disimak!

 

Keterampilan berkomunikasi

Hal pertama yang harus kamu kuasai adalah keterampilan berkomunikasi. Komunikasi bukan hanya penting bagi para pekerja lepas, semua ranah pekerjaan membutuhkan skill berkomunikasi. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, kebutuhan komunikasi semakin dimudahkan. Sebagai freelancer kamu harus responsif dan interaktif dengan klien, hal ini akan jadi gambaran sikap dan reputasimu. Kamu juga harus berdiskusi dengan klien untuk tahu apa yang mereka mau. Jangan ragu menanyakan sesuatu jika dirasa belum yakin, karena lebih baik bertanya dibanding kamu salah mengerjakan tugasnya.

 

Bisa memegang tanggung jawab

Fleksibilitas bisa jadi bumerang buat kamu kalau nggak bisa mengatur diri dengan baik. Bertanggung jawab terhadap klien dan project-mu sudah menjadi kewajiban seorang freelancer juga menyangkut nama baikmu dalam berkarir. Tugasmu adalah memaksimalkan kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai waktu dan keinginan klien yang sebelumnya sudah disepakati.

 

Kerja sesuai passion

Sebelum mulai menekuni pekerjaan freelance, kamu harus bertemu dengan passion kamu dulu. Passion akan menentukan bidang keahlian yang tepat, dengan begitu kamu tau project mana yang akan diambil dan fokus mengejar kesuksesan. Menjadi freelancer membutuhkan kemampuan yang spesifik sehingga kamu bisa menguasai suatu bidang dan punya semangat untuk bisa mendalaminya. Ketika dihadapkan pada kesulitan, passion akan membantu kamu untuk bertahan dan berusaha menghadapinya. Kamu jadi punya gairah untuk mengembangkan karir.

 

Kemampuan manajemen

Selanjutnya yang nggak kalah penting adalah kemampuan manajemen yang baik. Jadi freelancer itu kamu harus siap jadi bos untuk diri sendiri. Semua kamu yang ngatur, mulai dari jadwal sampai masalah keuangan. Kamu harus pintar mengorganisir, atur jadwal project agar tidak terbentur dan sesuaikan dengan kemampuanmu. Jangan karena ingin punya banyak penghasilan, manajemen waktu jadi berantakan, pekerjaan jadi susah dikendalikan. Buat jadwal project-mu, atur finansial dengan baik, dan simpan folder dan file pekerjaanmu dengan rapi.

 

Terus belajar dan mengasah skill

Skill memang jadi senjata yang penting sebagai freelancer tapi akan lebih ampuh lagi kalau kamu mau terus belajar dan mengembangkan kemampuan. Jangan gampang puas dengan apa yang sudah kamu kuasai saat ini. Ikuti terus perkembangan informasi dan pengetahuan untuk mendapatkan peluang karir freelance yang lebih besar. Terlebih persaingan di ranah freelance sangat ketat, kamu harus bisa unggul untuk bisa menjadi yang terbaik! Untuk memperluas wawasan dan memperdalam keterampilanmu, kamu bisa ikutan Pelatihan dan Sertifikasi sesuai bidang yang kamu mau di TopKarir.

 

Itu tadi 5 hal yang harus kamu penuhi kalau mau sukses bekerja sebagai freelancer. Temukan lowongan kerja freelance yang sesuai dengan bidang keahlianmu di fitur terbaru TopKarir yakni TopKarir Freelance. Cari tahu tips-tips karir dan fitur menarik lain yang akan membantu karir kamu di aplikasi TopKarir. Yuk download aplikasi TopKarir di App Store dan Play Store, gratis!

Komentar