Pencari Karir Pencari Kandidat

Keterampilan Kerja di Bidang Teknologi Paling Dibutuhkan Tahun 2022

17 Desember 2021 08:12 4088 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Di era ini teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang. Perkembangannya semakin cepat karena didorong kondisi pandemi yang mengharuskan masyarakat memenuhi kebutuhannya lewat jaringan online.

 

Teknologi memudahkan aktivitas bisnis, karena itu sekarang ini permintaan pekerja IT terus bertambah. Nggak tanggung-tanggung tawaran gajinya juga terbilang tinggi.

 

Berdasarkan Salary Survey 2021-2022 yang diterbitkan HRDBacot, IT menempati 5 besar bidang pekerjaan dengan penghasilan tertinggi, dengan kisaran gaji mencapai 6-13,8 juta Rupiah per bulan.

 

Nggak salah kalau tawaran gaji di bidang IT tinggi, karena memang perannya dalam bisnis di era digital ini termasuk yang paling krusial.

 

Untuk menjadi talenta IT yang siap terjun ke dunia kerja, tentunya perlu dibekali dengan berbagai keterampilan kerja. Keterampilan kerja karyawan bidang teknologi di tahun 2022 nanti juga pastinya akan berkembang.

 

Mau tau keterampilan apa aja yang dibutuhkan industri untuk mencari karyawan di bidang teknologi dan informasi? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

1. Machine Learning

Menurut IBM, machine learning merupakan bagian dari kecerdasan buatan (AI) dan ilmu komputer dengan memanfaatkan data dan algoritma untuk melakukan tugas-tugas tertentu .

 

Sebagai bagian dari AI, machine learning didasari bahwa sistem dapat belajar dari data, mengidentifikasi pola, sampai menentukan keputusan dengan sedikit campur tangan manusia dalam prosesnya.

 

Untuk memperkuat keterampilan machine learning, kamu perlu belajar memahami rangkaian algoritma dan matematika terapan, kemampuan analitis dan problem solving, probabilitas dan statistik serta bahasa pemrograman.

 

2. Cyber Security

Hampir semua perusahaan dan lembaga sudah memanfaatkan teknologi, namun sistem dan jaringan yang dipakai gak terlepas dari ancaman keamanan dan eksploitasi.

 

Disinilah pentingnya cyber security. Cyber security merupakan aktivitas yang dilakukan untuk melindungi sistem komputer, data, maupun program dari serangan maupun akses ilegal.

 

3. Data Analytic (Big Data)

Data analyst adalah keterampilan teknologi yang berperan sebagai penerjemah informasi yang berdampak bagi keberlangsungan bisnis, penjualan, dan berbagai proyek lainnya.

 

Melalui analisis data, kamu bisa menentukan berbagai strategi bisnis, efisiensi biaya, meningkatkan efektivitas dan produktivitas. 

 

Big data yang baik pengolahannya dapat memprediksi peluang bisnis di masa depan sehingga perencanaan bisnis jadi semakin matang.

 

4. Mobile Development

Perangkat seluler kini sudah jadi barang yang wajib dibawa kemanapun dan membantu keseharian kita.

 

Hal ini membuat banyak perusahaan merancang aplikasi mobile untuk memberikan solusi kemudahan dalam berbagai aktivitas.

 

Itu sebabnya mobile development maupun mobile engineering menjadi skill teknologi yang akan terus dicari di tahun 2022. 

 

5. Cloud Computing

Cloud computing adalah sebuah proses pengolahan daya komputasi dengan memanfaatkan jaringan internet.

 

Tujuannya untuk menjalankan program melalui komputer yang telah terkoneksi satu sama lain pada saat bersamaan.

 

Cloud Computing memiliki media penyimpanan yang fleksibel dan efisien untuk diterapkan dalam sektor bisnis.

 

Karena itu, skill cloud computing juga penting dimiliki dan dibutuhkan perusahaan dalam beberapa tahun kedepan.

 

Itu tadi 4 skill teknologi yang akan terus berkembang dan dibutuhkan di tahun 2022 nanti.

 

Untuk mempersiapkan diri menjadi talenta IT berkelas, kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online gratis dari perusahaan cloud terbesar, Amazon Web Services (AWS).

 

Berbagai materi pelatihan seperti data analytics, machine learning, sampai cloud computing siap kamu pelajari di sini.


Mulai pelatihan AWS-mu sekarang dan berisap di 2022 kamu bisa #JadiLebihHebat.

Komentar