KANDIDAT PERUSAHAAN

Cara Memulai Bisnis Rumahan Sukses? Mulai dengan  6 Langkah Ini

24 Maret 2021 20:03 4678 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 3 KALI DIBAGIKAN

 

Cara memulai bisnis rumahan - Memulai bisnis rumahan tampaknya kini menjadi pilihan karir yang diminati banyak orang. Ya, selain memiliki waktu fleksibel, memulai bisnis dari rumah juga bisa mendatangkan keuntungan yang tinggi. Namun, cara memulai bisnis rumahan tidaklah mudah dan memiliki tantangan tersendiri.

 

Hasil atau keuntungan saat memulai bisnis rumahan tidak selalu menjanjikan profit yang tinggi dengan instan. Untuk itu, dibutuhkan ketekunan, kesabaran dan komitmen jangka panjang untuk menggeluti bisnis ini.

 

Nah, jika Anda ingin mencobanya, dikutip dari berbagai sumber, berikut 6 langkah mudah dalam cara memulai bisnis rumahan.

 

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Kedai Kopi

 

Menilai bakat sendiri

 

Untuk memulai bisnis, coba selami terlebih dahulu apa bakat dan kesukaan Anda. Ini bisa menjadi hal penting untuk menemukan ide bisnis dalam memulai usaha.

Coba kenali Anda tipe orang yang seperti apa, kemudian coba sesuaikan kepribadian Anda dengan industri atau bidang bisnis yang ingin digeluti. 

 

Tingkatkan keterampilan

 

Menjalankan bisnis yang sukses seringkali membutuhkan pembelajaran atau keterampilan baru. Namun, untuk memulai ide bisnis sebaiknya Anda mulai dengan keterampilan yang sudah dimiliki. Seiring berjalannya usaha, cobalah untuk meningkatkan keterampilan yang sudah ada dan menambah keterampilan baru agar bisnis semakin berkembang.

 

Baca juga: Cara Mudah Memulai Bisnis Sepatu

 

Gabungkan bakat dan keterampilan untuk menghasilkan ide bisnis

 

Bangun pondasi bisnis yang kuat dengan mengembangkan keterampilan dengan usaha waktu dan energi yang Anda berikan. Cobalah kombinasikan keahlian Anda untuk mulai bisnis rumahan dengan melihat apa yang Anda sukai. 

 

Misalnya, orang yang berorientasi pada detail dengan keterampilan akuntansi dan organisasi dapat memulai bisnis rumahan seperti penyusun pajak, konsultan keuangan hingga manajer bisnis.

 

Tentukan apakah ide bisnis cocok dijadikan sebagai bisnis rumahan

 

Tidak semua ide bisnis bisa berjalan lancar jika dijadikan bisnis rumahan bahkan beberapa bisa gagal total. Misalnya, Anda tidak bisa memulai bisnis manufaktur di lingkungan perumahan begitu juga dengan bisnis konstruksi lainnya. 

 

Tentukan keuntungan yang maksimal

 

Untuk memulai bisnis rumahan yang sukses, Anda perlu mempertimbangkan potensi keuntungannya. 

 

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait keuntungan dalam bisnis rumahan ini seperti:

  • Berapa orang yang bersedia membayar saya untuk produk atau layanan
  • Bisakah Anda mendapatkan penghasilan yang cukup dari bisnis rumahan tersebut
  • Perhitungkan apakah bisnis rumahan tersebut mampu memenuhi target pendapatan 

 

Baca juga: Peluang Besar Bisnis Online di Tengah Pandemi Corona

 

Buat rencana bisnis

 

Buatlah perencanaan bisnis untuk memperhitungkan apakah ide bisnis yang diusung bisa berpeluang menjadi sukses. Rencana bisnis yang perlu ditulis adalah:

  • Ringkasan eksekutif dari ide bisnis 
  • Riset pasar sasaran dan persaingan 
  • Deskripsi pelanggan ideal 
  • Strategi pemasaran 
  • Perencanaan keuangan
  • Rencana operasi 

 

Riset dan pemikiran yang Anda lakukan saat Anda mengerjakan rencana bisnis akan membantu Anda menyempurnakan ide bisnis dan merencanakan bagaimana akan berhasil meluncurkan bisnis.

 

Jika rencana bisnis Anda menunjukkan bahwa ide Anda tidak layak, jangan takut untuk menyimpannya, pilih ide bisnis rumahan lain, dan ulangi prosesnya lagi.

 

emukan berbagai insight untuk kamu yang ingin belajar banyak tentang bisnis disini 

 

 

Komentar