Bagaimana Problem Solving Dalam Berbisnis? Ini Tipsnya | TopKarir.com

Bagaimana Problem Solving Dalam Berbisnis? Ini Tipsnya

16-04-2021 04:28:34

Para kaula muda yang hendak menggeluti dunia bisnis pasti akan senantiasa dirundung masalah-masalah dalam memulai bisnis, karena tidak ada bisnis yang tidak menghadapi masalah.

 

Mulai dari rekrutmen, pajak, operasional, strategi penjualan dan lain-lain. Maka dari itu penting untuk para kaula muda untuk tahu bagaimana cara problem solving dalam berbisnis.

 

Pengertian problem solving secara umum adalah kemampuan dalam memecahkan masalah diantaranya adalah usaha menemukan urutan yang benar dari jawaban jawaban yang ada. Hingga bisa menggerakkan kita agar lebih dekat dengan tujuan yang dituju.

 

Ada beberapa syarat untuk para pebisnis agar mampu memiliki kemampuan menyelesaikan masalah atau problem solving.

 

Kemampuan ini akan tumbuh ketika kita dapat berpikir positif, logic, sistematik, visioner dan bisa mengandalkan pengalaman sebagai acuan dalam menangani masalah masalah tersebut.

 

Alangkah lebih baiknya sebelum melakukan problem solving ciptakan kondisi untuk tidak saling menyalahkan, bersedia mengambil resiko dalam kegagalan, bersedia untuk belajar terus menerus, dan berkomitmen.

 

Berikut merupakan langkah-langkah problem solving dalam berbisnis yang perlu kamu ketahui:

 

1. Berpikir positif

Berpikir positif adalah modal atau pondasi awal untuk melakukan problem solving. Sebab saat sudah berpikir positif dan tenang, maka kita akan lebih mudah menemukan titik terang masalah yang akan diselesaikan.

 

Banyak orang tidak mampu berpikir tenang saat dihadapkan dengan masalah yang sedang dihadapi.

 

Selalu tanamkan pikiran positif, tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan. Setiap masalah pasti memiliki jalan keluar. Jika hal ini dijadikan budaya dalam melakukan problem solving, maka kamu akan menjadi terbiasa dengan berpikir positif

 

2. Identifikasi masalah

Setelah mindset positif kita terbangun, selanjutnya cobalah untuk mulai mengidentifikasi masalah. Pada bagian ini cobalah untuk mengurangi asumsi sebelum didiskusikan dan disepakati bersama. Perbanyak cari informasi, karena informasi yang lengkap akan memudahkan problem solving kamu.

 

Cara terbaik untuk mengidentifikasi masalah adalah dengan mengajukan banyak pertanyaan agar problem solving dapat selesai sampai ke akar permasalahan. Senantiasa berlatih memilih pertanyaan-pertanyaan yang bisa membuka masalah sampai ke akar permasalahan.

 

3. Eksplorasi berbagai kemungkinan alternative

Setelah kita melakukan identifikasi masalah, selanjutnya lakukan atau perkirakan kemungkinan alternatif untuk menyelesaikan problem solving. Hal ini dilakukan untuk memecahkan masalah dari utama sampai alternative.

 

4. Aksi 

Pada tahap ini, mulailah merealisasikan dengan aksi dari rencana-rencana yang sudah disusun. Hal ini wajib dilakukan sesuai dengan hasil problem solving dan musyawarah yang sudah disepakati bersama. Ketika sudah melakukan aksi tersebut, maka masalah yang kamu hadapi akan terselesaikan dengan baik.

 

5. Melihat dampak 

Tahap selanjutnya adalah melihat dampak yang terjadi setelah aksi dilakukan. Kamu perlu melakukan evaluasi dari aksi yang sudah direncanakan dan pilihlah rencana yang berjalan baik. 

 

Apakah strategi atau rencana yang sudah ditetapkan tepat? Jika masalah belum terselesaikan maka harus dilakukan problem solving dari langkah awal, dan temukan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah kamu.

 

6. Evaluasi

Langkah selanjutnya adalah kamu perlu melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap semua langkah-langkah problem solving, pertimbangkan selalu rencana-rencana yang sudah berhasil dan belum berhasil.

 

Selalu evaluasi rencana jangka panjang dan jangka pendek. Dalam berbisnis, mengevaluasi problem solving perlu dilakukan agar permasalahan dalam bisnis yang kamu jalani tidak terulang lagi. 

 

Nah, itulah beberapa langkah-langkah dalam menyelesaikan permasalahan berbisnis. Untuk itu, kamu perlu mempelajari setiap langkah tersebut agar problem solving kamu dalam berbisnis berjalan dengan baik. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan dapat menyelesaikan permasalahan yang kamu hadapi. 

 

Simak informasi dunia kerja lainnya dan tips karir menarik di siniTemukan informasi lowongan kerja terupdate dan rencanakan karir hebatmu di TopKarir. Download aplikasinya gratis di App Store dan Play Store.


peluang karir yang sesuai

Beragam kesempatan kerja, pelatihan dan tips berkarir yang sesuai untuk kamu

perusahaan berkualitas

Perusahaan yang membuka lowongan telah terseleksi oleh Jejakmu untuk kenyamanan dan keamanan kamu

info status aplikasi

Jejakmu menyediakan informasi berkala tentang status lamaran / aplikasimu dan dapat diakses melalui akun profilmu

Belum menjadi Member?


tutup
Registrasi berhasil

tutup