KANDIDAT PERUSAHAAN

6 Pertanyaan Interview untuk Menemukan Karyawan Terbaik

29 Juni 2021 08:06 89600 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 20 KALI DIBAGIKAN

Proses rekrutmen merupakan tahap yang krusial untuk perusahaan dan jobseeker. Umumnya proses ini meliputi seleksi berkas atau data, tes kemampuan atau ujian, dan berakhir dengan interview.

 

Tahap interview menjadi penentu apakah seorang kandidat layak diterima untuk bergabung di perusahaan, sebab Anda akan mengidentifikasi kandidat secara langsung dan jelas.

 

Dalam melakukan interview, sebagai HRD Anda tentu harus mempersiapkan sederet pertanyaan untuk menilai kesesuaian kandidat dengan perusahaan.

 

Untuk menemukan yang terbaik dari yang terbaik, ada baiknya Anda memasukkan 6 pertanyaan interview berikut ini ke dalam list.

 

Cari lowongan kerja di wilayah Jakarta Selatan? Temukan selengkapnya di sini.

 

 

1. Apa pencapaian terbaik yang pernah Anda raih?

Pertanyaan ini punya tujuan untuk menilai seberapa jauh kandidat mengenal proses dalam kehidupannya dan hal apa yang ia anggap punya pengaruh besar sampai sekarang.

 

Calon karyawan akan menjelaskan apa yang ia anggap sebagai pencapaian, dari situ Anda bisa mendapat gambaran apa yang menjadi fokus dan tujuan dari calon karyawan.

 

2. Coba deskripsikan lingkungan kerja yang Anda inginkan!

Calon karyawan akan memberikan gambaran tentang lingkungan kerja yang bisa mendukung kinerjanya. Pertanyaan ini bertujuan untuk menilai kesesuaian calon karyawan dengan lingkungan kerja di perusahaan Anda.

 

Karyawan memiliki persepsi terkait lingkungan kerja yang mereka miliki, Robbins (2006:36) menyatakan karyawan menaruh perhatian besar terhadap lingkungan tempat mereka bekerja, baik dari segi kenyamanan maupun kemudahan mengerjakan pekerjaan dengan baik.

 

Kenyamanan karyawan di lingkungan kerja akan berdampak pada produktivitas dan performa kerja yang lebih optimal.

 

Cari lowongan kerja di wilayah Jakarta Timur? Temukan selengkapnya di sini.

 

3. Bagaimana model interaksi yang diharapkan dengan atasan Anda?

Melalui pertanyaan ini Anda bisa mengidentifikasi, apakah calon karyawan merupakan tipe orang yang punya inisiatif dan independen dalam melakukan pekerjaan atau memerlukan arahan dari atasan sebelum menjalankan tugas.

 

Jika posisi yang dituju calon karyawan termasuk jenis pelayanan contohnya customer service dimana memerlukan inisiatif untuk membantu masalah pelanggan, tipe orang yang perlu arahan detail tentu tidak sesuai. Hal tersebut menjadi alasan kenapa pertanyaan ini penting diajukan.

 

4. Bagaimana Anda mencari jalan keluar ketika menghadapi masalah?

Jawaban dari pertanyaan ini akan memberikan Anda gambaran bagaimana strategi dan cara penyelesaian masalah yang dilakukan calon karyawan.

 

Selain itu Anda akan mengetahui hal apa yang dianggap sebagai hambatan dalam mencapai tujuannya. Kesiapan karyawan menghadapi segala kemungkinan buruk yang datang selama proses kerja juga bisa dinilai lewat pertanyaan ini.

 

5. Apa motivasi Anda melamar di perusahaan dan posisi ini?

Sebagai HR Anda bisa mendapat alasan dan tujuan calon karyawan melamar di perusahaan Anda. Jawaban yang diberikan bisa menjadi penilaian apakah calon karyawan tersebut cocok dengan benefit, lingkungan kerja atau posisi yang ditawarkan.

 

Cari lowongan kerja di wilayah Jakarta Utara? Temukan selengkapnya di sini.

 

6. Jika diterima, kontribusi apa yang bisa Anda berikan untuk perusahaan?

Tanyakan terlebih dulu sejauh mana calon karyawan mengenal perusahaan dan produk, setidaknya pengetahuan perusahaan secara umum.

 

Berikan pertanyaan seputar posisi pekerjaan yang ia lamar, dari jawabannya Anda bisa melanjutkan pertanyaan tentang bagaimana cara ia memaksimalkan diri ketika bekerja di posisi tersebut, kontribusi apa yang akan ia berikan pada perusahaan.

 

Itu tadi 6 pertanyaan penting untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas. Temukan kandidat terbaik untuk bergabung di perusahaan Anda dengan penawaran spesial dari TopKarir, hubungi kami di sini. Tips-tips karir lainnya seputar HR bisa Anda temukan di Ruang HR TopKarir.

Komentar