Pencari Karir Pencari Kandidat

6 Daftar Jurusan Kuliah IPS Yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

28 Juli 2022 19:07 3903 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Dalam dunia perkuliahan ada banyak sekali jurusan yang bisa kamu pilih mulai dari jurusan kedokteran, jurusan hubungan internasional, jurusan Teknik Informatika, teknik sipil dan masih banyak lagi jurusan kuliah lainnya, bagi Kamu lulusan IPS ada banyak juga jurusan kuliah ips yang bisa kamu pilih.

 

Akan tetapi untuk bisa masuk pada jurusan tersebut tentunya kita Harus bersaing dengan orang lain yang sama ingin masuk pada jurusan kuliah IPS yang kita pilih, namun kamu tidak perlu khawatir karena di sini kami akan memberikan kalian mengenai 6 daftar jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan dalam pekerjaan.

 

6 Daftar Jurusan Kuliah Ips Yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

Meskipun ada banyak sekali jurusan jurusan kuliah IPS akan tetapi pada beberapa jurusan tersebut yang persaingannya cukup ketat dan kita susah untuk bisa bersaing dengan yang lain.

 

Bagi kamu yang mungkin kesusahan dalam bersaing untuk bisa masuk jurusan IPS favorit kamu bisa memilih jurusan yang kurang diminati tapi memiliki prospek dan juga peluang karir yang bagus kedepannya. Untuk macam macam jurusan kuliah ips yang kurang peminatnya dan memiliki prospek yang menjanjikan kamu bisa menyimak daftarnya di bawah.

 

Jurusan Arkeologi

Jurusan kuliah IPS yang pertama yang sedikit peminat akan tetapi memiliki prospek yang bagus adalah jurusan arkeologi, jurusan ini nantinya akan mempelajari mengenai kebudayaan manusia di masa lalu dan juga saat ini. Kita akan Melalui pembelajaran kajian yang berdasarkan dengan data serta benda peninggalan masa lalu. Nantinya mahasiswa yang akan mempelajari jurusan ini akan menganalisis benda peninggalan prasejarah dan purbakala.

 

Adapun untuk prospek kerja dari jurusan arkeologi ini nantinya lulusan nya bisa bekerja menjadi seorang peneliti, menjadi seorang akademisi hingga menjadi staf museum. Bahkan tidak sedikit pula lulusan dari arkeologi ini akan bergabung untuk mengikuti penelitian tingkat internasional.

 

Jurusan Administrasi Fiskal

Berikutnya adalah jurusan administrasi fiskal, dalam jurusan ini nantinya mahasiswa akan mempelajari mengenai dasar perpajakan, dasar kebijakan fiskal, serta tata kelola aset negara.

 

Setelah lulus nantinya lulusan jurusan administrasi fiskal ini bisa menjadi seorang peneliti, akademisi, tugas imigrasi, konsultan perencanaan pajak, nggak bisa menjadi petugas bea cukai.

 

Jurusan Kriminologi

Jurusan kuliah IPS berikutnya adalah jurusan kriminologi, nantinya mahasiswa yang ada pada jurusan kriminologi ini akan mempelajari teori serta praktik yang berhubungan dengan kriminalitas dalam lingkup nasional bahkan internasional.

 

Dan untuk lulusan jurusan ini sendiri bisa berkarir menjadi seorang intelijen, detektif, bahkan menjadi investigator. Hingga saat ini hanya ada tiga perguruan tinggi yang menyediakan jurusan kriminologi ini yaitu yang pertama Universitas Indonesia, kemudian Universitas Islam Riau, yang terakhir adalah Universitas Budi luhur.

 

Jurusan Sejarah

Selanjutnya adalah jurusan sejarah, jurusan ini nantinya tidak hanya akan mempelajari masa lalu saja akan tetapi jurusan sejarah juga mempelajari mengenai aspek politik, ekonomi,budaya, militer, biografi, serta maritim. Adapun untuk prospek kerja dari jurusan sejarah ini nantinya tidak hanya sebatas menjadi seorang sejarawan saja akan tetapi ada banyak sekali prospek pekerjaan pada jurusan ini salah satunya seperti menjadi seorang peneliti, penulis, analis, dan berbagai bidang lain yang berkaitan dengan sejarah.

 

Jurusan Filsafat

Berikutnya ada jurusan filsafat, jurusan filsafat memang seperti terkesan rumit hal ini karena jurusan filsafat memerlukan logika bahasa serta logika berpikir yang baik, mahasiswa pada jurusan filsafat nantinya akan mempelajari banyak hal mulai dari Bagaimana cara bersikap kritis untuk menyelesaikan masalah hingga mempelajari perilaku serta fenomena yang ada pada manusia.

 

Adapun prospek dari lulusan filsafat ini nantinya bisa menjadi seorang peneliti, pengajar, penasehat negara, hingga menjadi konselor.

 

Jurusan Sastra Arab

Jurusan kuliah IPS yang jarang diminati berikutnya adalah jurusan sastra Arab, sastra Arab biasanya orang diminati oleh para mahasiswa karena basic dari sastra Arab ini biasanya harus minimal mengetahui apa itu sastra. Adapun untuk prospek kerja dari jurusan ini juga cukup luas contohnya seperti bisa menjadi seorang diplomat, menjadi dosen, menjadi sastrawan, menjadi penulis.

 

Mungkin hanya itu saja pembahasan kali ini mengenai enam daftar jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan, semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang baru lulus SMA jurusan IPS dan ingin melanjutkan ke bangku perkuliahan.

 

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi mengenai lowongan kerja serta informasi lainnya mengenai jurusan perkuliahan kamu bisa mengunjungi TipsKarir untuk lebih lengkapnya.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Tips Anti Gundah Berkarir Diluar Jurusan Kuliah

Tips Anti Gundah Berkarir Diluar Jurusan Kuliah

Menentukan jurusan pendidikan pasti memerlukan banyak pertimbangan, kadang perlu waktu yang gak sebentar. Tapi setelah lulus kuliah, banyak yang berkarir gak sesuai jurusan yang diambil. Tapi jangan jadikan itu sebagai halangan, melainkan tantangan, karena zaman yang semakin berkembang menuntut kamu menguasai berbagai bidang. Banyak orang yang bisa sukses berkarir meski harus memulai dari nol lagi, gimana caranya? Yuk simak tips-tips berikut ini.     Tingkatkan soft skills kamu   Di era sekarang ini, perusahaan menuntut karyawannya untuk bisa menguasai berbagai bidang. Dilansir Kumparan, studi yang dilakukan Asosiasi Kampus Amerika 93% perusahaan lebih fokus pada kemampuan komunikasi, berpikir kritis, dan memecahkan masalah dibanding latar belakang jurusan pendidikan.     Perbanyak koneksi dan relasi   Memperluas lingkup pertemanan akan membawamu pada luasnya relasi. Terlepas dari apapun jurusan kuliahmu, bersosialisasi adalah kebutuhan yang harus dipenuhi.     Selalu ingin tahu dan aktif   Singkirkan pemikiran kalau kamu tahu segalanya, hal itu akan menghalangi kamu berkembang. Jangan ragu memulai dan belajar hal baru, tingkatkan rasa ingin tahu, karena selalu ada hal yang bisa kamu kembangkan.     Percaya gak ada ilmu yang sia-sia   Apapun yang kamu pelajari, akan menjadi bekal untuk perjalanan karirmu nanti, jadi jangan berpikiran kalau ilmu yang kamu punya sia-sia ya, pasti akan berguna.   Itulah 4 hal yang perlu kamu terapkan agar sukses berkarir meski gak sesuai jurusan kuliah. Yuk temukan tips-tips lainnya seputar karir di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga.
Komentar