Pencari Karir Pencari Kandidat

6 Daftar Jurusan Kuliah IPA Yang Menjamin Masa Depan Untuk Perempuan

28 Juli 2022 19:07 6455 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Pada zaman sekarang perbedaan gender memang bukan lagi menjadi suatu masalah oleh karena itu ada banyak sekali perempuan yang saat ini menggeluti profesi yang membutuhkan tenaga fisik. Banyak sekali perempuan terutama jurusan IPA sewaktu SMA bingung memilih jurusan ketika mereka masuk pada bangku perkuliahan. Hal ini dikarenakan kurangnya wawasan mengenai jurusan-jurusan yang memang cocok bagi perempuan jurusan IPA, jurusan kuliah ipa untuk perempuan ada banyak bagi kamu yang ingin mengetahuinya di sini kami akan memberikanmu 6 daftar jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan.

 

6 Daftar Jurusan Kuliah Ipa Yang Menjamin Masa Depan Untuk Perempuan

Ada banyak sekali jurusan kuliah ipa yang menjamin masa depan, salah satunya adalah beberapa contoh jurusan yang akan kami bahas pada pembahasan kali ini, bagi kamu yang penasaran jurusan jurusan kuliah ipa apa saja yang bisa menjamin masa depan terutama bagi kamu para perempuan kamu bisa menyimaknya di bawah.

 

Jurusan Imu Keperawatan

Jurusan pertama yang menjamin masa depan bagi perempuan adalah jurusan ilmu keperawatan, sudah menjadi rahasia umum bahwa jurusan ini selalu didominasi oleh para perempuan, pada jurusan ilmu keperawatan kamu akan mempelajari berbagai teori maupun teknologi terbaru dalam perawatan kesehatan fisik dan juga psikis.

 

Ketika sudah lulus di samping menjadi perawat rumah sakit kamu juga bisa menjadi seorang perawat bagi lansia ataupun pengasuh anak hingga menjadi seorang terapis, bagi kamu yang ingin memilih jurusan ini kamu bisa memilih beberapa kampus yang menyediakan jurusan ilmu keperawatan salah satunya seperti Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, masih banyak lagi.

 

Jurusan Psikologi

Jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan selanjutnya adalah jurusan psikologi, bagi kamu para perempuan yang memiliki nilai lebih terasa dan juga memiliki empati yang tinggi tentunya jurusan ini menjadi salah satu jurusan yang cocok bagi kamu. Pada jurusan ini kamu akan mempelajari mengenai mental, pikiran, serta perilaku manusia secara mendalam dan juga mempelajari alasan yang melatarbelakangi perilaku tersebut.

 

Dalam jurusan ini ada beberapa peminatan yang bisa dipilih yaitu salah satunya seperti psikologi klinis, industri dan organisasi, pendidikan, dan juga masih banyak lagi. Pada jurusan ini tidak semua jurusan psikologi masuk dalam rumpun saintek oleh karena itu ketika kamu ingin masuk jurusan psikologi kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu. Di Indonesia sendiri ada 4 perguruan tinggi negeri yang memiliki jurusan psikologi saintek ataupun IPA salah satunya adalah Universitas Padjadjaran, Universitas Sriwijaya, Universitas sebelas Maret, terakhir adalah Universitas Hasanuddin.

 

Jurusan Farmasi

Berikutnya adalah jurusan farmasi, jurusan ini merupakan salah satu jurusan IPA yang bisa dibilang sepi peminat namun memiliki prospek yang baik untuk masa depan, pada jurusan ini nantinya kamu akan mempelajari bagaimana cara meracik obat dan juga mengaplikasikannya hal ini tentu saja akan sangat cocok bagi kamu para perempuan yang teliti.

 

Untuk prospek kerjanya sendiri jurusan farmasi memiliki banyak prospek kerja salah satunya seperti menjadi seorang apoteker, juga menjadi peneliti di perusahaan obat ataupun pangan dan juga kosmetik. Jika kamu ingin masuk pada jurusan farmasi kamu bisa memilih beberapa perguruan tinggi negeri seperti salah satunya institut teknologi Bandung, Universitas gadjah Mada, Universitas Indonesia, dan Universitas Padjadjaran.

 

Jurusan Kedokteran

Jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan berikutnya adalah jurusan kedokteran, jurusan ini menjadi salah satu jurusan yang memiliki banyak sekali peminat. Nantinya ketika kamu masuk pada jurusan kedokteran kamu harus siap jika diberi tugas untuk berjaga pada malam hari meskipun demikian jurusan kedokteran ini memiliki prospek yang sangat cerah kedepannya oleh karena itu bagi kamu para perempuan jurusan ini sangat cocok untuk dipilih.

 

Jika kalian lulus pada jurusan kedokteran kamu bisa menjadi dokter dengan berbagai profesi mulai dari dokter umum, dokter anak, dokter gigi, dokter hewan. Kamu bisa memilih sesuai dengan minat kamu. Di Indonesia sendiri ada beberapa perguruan tinggi negeri yang memiliki jurusan kedokteran terbaik, bagi kamu yang ingin masuk pada jurusan kedokteran kamu bisa memilih Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas gadjah Mada, Universitas Hasanuddin, dan yang terakhir adalah Universitas Padjadjaran.

 

Jurusan Ilmu Gizi

Berikutnya adalah jurusan ilmu gizi, pada jurusan ini kamu akan mempelajari berbagai jenis nutrisi yang nantinya berhubungan dengan kehidupan manusia, selain itu kamu juga akan mempelajari mengenai pengaturan makan ataupun diet serta penyediaan informasi mengenai asupan gizi dan sebagainya.

 

Lulusan ilmu gizi nantinya bisa bekerja menjadi seorang konsultan gigi pada fasilitas kesehatan dan juga pendidikan, bagi kamu yang ingin masuk jurusan ilmu gizi kamu bisa memilih beberapa perguruan tinggi negeri ini, yang pertama adalah institut pertanian Bogor, Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, Universitas gadjah Mada, dan yang terakhir Universitas Soedirman.

 

Jurusan Teknologi Pangan

Jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan yang terakhir adalah jurusan teknologi pangan, di era modern seperti sekarang ini tentunya kita membutuhkan produk makanan yang aman serta menyehatkan untuk kebutuhan tubuh kita. Oleh karena itu pada jurusan teknologi pangan nantinya kamu akan belajar mengenai komponen kimia serta biologis yang ada pada makanan. Contohnya seperti belajar mengenai teknik pengawetan, proses produksi, pengemasan, juga penyimpanan makanan.

 

Lulusan dari jurusan teknologi pangan ini nantinya bisa menjadi seorang quality control dari sebuah produk di industri makanan dan juga minuman, selain itu kamu juga bisa menjadi seorang R&D atau research and development di sebuah pengembangan produk, bagi kamu yang ingin masuk jurusan ini kamu bisa memilih beberapa Universitas yaitu salah satunya Universitas Padjadjaran, Universitas Diponegoro, Universitas sebelas Maret, Universitas gadjah Mada, dan institut pertanian Bogor.

 

Hanya itu saja pembahasan kali ini mengenai enam daftar jurusan kuliah IPA yang menjanjikan masa depan untuk perempuan, semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang ingin meneruskan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi.

 

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi mengenai lowongan kerja serta informasi lainnya mengenai jurusan kuliah Kamu bisa mengunjungi langsung TopKarir.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
5 Jurusan Ini Berpotensi Buat Kamu Cepat Dapat Kerja

5 Jurusan Ini Berpotensi Buat Kamu Cepat Dapat Kerja

Kamu baru lulus dan bingung pilih jurusan kuliah? Hal itu terjadi mungkin karena kamu belum tahu apa yang kamu minati dan sukai. Untuk kamu yang ingin berkuliah, lebih baik kamu pikirkan matang-matang, karena berpengaruh dengan karirmu dimasa depan.   Ada beberapa jurusan yang punya prospek kerja yang bagus, karena kesempatan pekerjaan dalam bidang tersebut masih terbuka lebar, ini dia 5 jurusan kuliah yang berpotensi memiliki peluang kerja besar.   Jurusan Pendidikan Ingin berkarir dan memiliki kontribusi besar bagi bangsa? Terjunlah ke dunia pendidikan, karena pendidikan masih menjadi salah satu masalah utama bangsa Indonesia dan sangat dibutuhkan. Jika kamu ingin menekuni profesi sebagai pengajar, ada baiknya kamu memilih jurusan pendidikan.   Jurusan Teknik Saat ini jurusan teknik masih menjadi jurusan favorite bagi para calon mahasiswa. Jurusan teknik ada beberapa macam seperti teknik computer, teknik pertambangan, teknik perkapalan, dan masih banyak lagi. Buat kamu yang tertarik masuk ke jurusan teknik, jurusan ini menawarkan prospek kerja yang menjanjikan dan bergaji besar.   Ekonomi Jurusan Ekonomi memang masih sangat diminati. Selain kesempatan kerjanya banyak, tetapi juga bisa sebagai bekal kamu untuk berwirausaha.   Kesehatan Tingginya kebutuhan tenaga kesehatan di Indonesia membuat jurusan kesehatan seperti Kedokteran, keperawatan, kebidanan, farmasi dan lainnya masih sangat diminati para calon mahasiswa.   Komunikasi Jika kamu bercita-cita ingin bekerja sebagai penyiar radio, penyiar berita, atau yang berhubungan dengan orang lain, kamu cocok jika mengambil jurusan komunikasi. Jurusan komunikasi memiliki kesempatan kerja yang baik karena, karena lapangan pekerjannya yang cukup banyak.   Itu dia lima jurusan yang berpotensi yang memiliki kesempatan kerja yang tinggi. Semoa membantu Sahabat TopKarir! Dapatkan tips karir yang bermanfaat lainnya di www.topkarir.com.  
Komentar