Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Profesi yang Cowok Banget dan Kini Mulai Digeluti Perempuan

07 Maret 2022 12:03 2355 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Dulu perempuan bekerja dilihat sebagai hal yang tabu, karena budaya patriarki menganggap laki-lakilah yang memiliki kuasa untuk bekerja dan menghidupi keluarga.

 

Sedangkan perempuan dianggap hanya mampu mengurus urusan rumah tangga saja.

 

Namun, seiring berkembangnya zaman dan emansipasi wanita yang terus digencarkan kini perempuan juga berhak mengambil peran dalam berbagai pekerjaan.

 

Lapangan pekerjaan untuk laki-laki maupun perempuan, kini bisa dibilang setara jumlahnya.

 

Beberapa profesi yang identik dengan laki-laki juga banyak ditekuni oleh perempuan dengan skill kerja yang gak kalah hebatnya.

 

Mau tau apa aja pekerjaan yang dulunya terkesan cowok banget tapi sekarang mulai digeluti para perempuan? Simak tulisan berikut ya.

 

1. Supir/Driver

Sekarang jangan kaget kalau ngeliat supir angkutan umum/bus perempuan. Profesi ini juga banyak digeluti kaum hawa dengan skill menyetir yang nggak kalah cekatan, lho.

 

PT TransJakarta bahkan sudah sangat terbuka bagi para perempuan yang ingin mendaftar sebagai supir armadanya.

 

Kalau kamu sering naik atau order makanan pakai ojek online, driver perempuan juga sudah banyak ditemukan di sepanjang jalan.

 

Jadi, perempuan yang sudah mengantongi izin mengemudi dan sehat secara fisik maupun mental juga punya kesempatan menjajal profesi yang satu ini.

 

2. Pilot

Pilot dulunya juga identik dengan pekerjaan laki-laki. Perempuan hanya sering terlihat sebagai pramugari.

 

Tapi sekarang ini, pilot perempuan juga sudah mulai bermunculan. Yang sempat viral di media sosial yakni Athira Farina, pilot perempuan yang sudah punya lebih dari 3000 jam terbang di usianya yang terbilang muda.

 

Gaji pilot di Indonesia juga terbilang tinggi, karenanya banyak orang baik laki-laki maupun perempuan yang bercita-cita menggeluti profesi ini.

 

3. Atlet sepakbola

Olahraga yang satu ini sudah sangat kental dengan sosok laki-laki, apalagi kalau bukan sepak bola. Stamina dan teknik yang dibutuhkan juga sangat tinggi.

 

Sudah banyak atlet sepakbola perempuan berprestasi di berbagai belahan dunia yang permainannya nggak kalah seru.

 

4. Petugas keamanan

Petugas keamanan atau satpam juga identik dengan kaum pria, pekerjaan yang membutuhkan fisik yang kuat dan ketegasan ini, sekarang sudah banyak digeluti perempuan.

 

Mungkin kamu juga sudah bertemu dengan satpam perempuan di beberapa pusat perbelanjaan, perkantoran, bank maupun perumahan.

 

Dengan ketegasannya satpam perempuan bertugas melindungi dan menjaga keamanan di wilayah untuk memastikan setiap pengunjung merasa aman ketika berkegiatan.

 

5. Pembalap

Pembalap merupakan salah satu hobi yang juga bisa dijadikan sebagai profesi. Dan biasanya para pembalap baik motor maupun mobil dikendarai oleh laki-laki.

 

Di Indonesia sendiri, pembalap perempuan yang terkenal diantaranya ada Sabrina Sameh, Diandra Gautama, Raya Kitty dan masih banyak lagi.

 

Perempuan-perempuan ini pastinya sudah dibekali dengan teknik mengemudi yang profesional, serta keberanian untuk menghadapi berbagai tantangan dan medan lintasan yang berbeda.

 

Perempuan sejatinya bisa mengambil berbagai peran dalam bidang pekerjaan. Sebagai perempuan kamu juga harus bisa membuktikan kompetensi dan profesionalitas yang tinggi ketika bekerja dimanapun dan sebagai apapun.

 

#SpillYourSkill dan tunjukkan kalau perempuan juga bisa mengambil peran!

 

Itu tadi beberapa profesi yang identik dengan laki-laki namun kini banyak juga perempuan yang menggeluti.


Temukan berbagai informasi dan tips karir menarik lainnya di Tips Karir. Rencanakan karir hebatmu lebih mudah lewat aplikasi TopKarir, download aplikasinya gratis di sini.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Hal Yang Harus Kamu Lakukan Saat Hari Pertama Kerja

Hal Yang Harus Kamu Lakukan Saat Hari Pertama Kerja

  Menjelang hari pertama masuk kerja, perasaan grogi bisa muncul secara tiba-tiba. Hal ini wajar, apalagi bagi kamu yang baru lulus kuliah dan ini akan menjadi pengalaman kerjamu yang pertama. Tapi jangan khawatir, berikut ada tips agar kamu tidak grogi. Yuk, simak apa saja sih yang harus kamu perhatikan agar hari pertama kerja menjadi mengesankan!    Berpakaian rapi sesuai peraturan kantor Kamu bisa pastikan dulu ke perusahaan, apakah ada seragam yang wajib kamu kenakan saat bekerja. Jika tidak ada aturan seragam, maka sebaiknya kamu memilih pakaian yang formal untuk dikenakan. Biasanya, orang akan melihat penampilan luar sebagai kesan pertama. Tentu kamu tidak mau kan meninggalkan kesan buruk?   Membawa alat tulis lengkap Terlebih di hari-hari pertama, kamu pasti akan sering sekali mencatat hal-hal penting, mulai dari sejarah perusahaan, deskripsi pekerjaan, bagaimana pekerjaan biasanya diselesaikan, dan lainnya. Tentu kamu tidak ingin dicap tidak siap bekerja karena tidak membawa alat tulis lengkap.   Datang pagi, pulang telat Ini adalah aturan tidak tertulis yang harus kamu ketahui. Saat kamu datang pagi, kamu bisa mendapat banyak keuntungan, seperti di nilai displin dan kamu juga dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk memperhatikan situasi tempatmu bekerja. Kalau jam sudah menunjukkan waktu pulang, ingat untuk memperhatikan lingkungan sekitar, terutama atasanmu. Bila atasan masih sibuk dengan pekerjaannya, ada baiknya kamu menunggu hingga atasan pulang terlebih dulu. Tapi kalau atasan menyuruhmu untuk pulang, ya sudah kamu pulang. Yang terpenting, jangan lupa pamit ya!   Bersikap ramah sudah seharusnya kamu bersikap ramah terhadap semua orang. Senyumlah setulus mungkin dan sapa semua karyawan yang kamu lihat. Jangan lupa juga untuk perkenalkan diri, posisimu di tempat kerja, dan hal penting lain yang bisa disampaikan. Kalau ada yang bertanya lebih tentang dirimu, jawablah dengan senang hati. Tidak memamerkan pengetahuan Kamu tentu harus punya modal untuk mampu mengerjakan tugas-tugasmu, tapi anggaplah dirimu sebagai orang kecil yang masih perlu banyak belajar. Belajarlah rendah hati. Percaya deh, kamu akan bisa menyerap banyak ilmu baru yang belum kamu tahu sebelumnya.  Gunakan jam istirahat untuk berbaur dengan karyawan lain Manfaatkan waktu istirahat mu untuk berbaur dengan teman kerja. Ini kesempatanmu untuk lebih dekat dengan teman-teman kerjamu. Jika kamu dekat dengan karyawan lainnya, hal itu nanti akan menguntungkan dirimu dalam menyelesaikan pekerjaan. Itu dia tips nya, gimana udah siap bekerja di hari pertama? Yuk simak tips lainnya di TopKarir, download aplikasinya ya!
Komentar