Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Cara Investasi Emas Beserta Keuntungan dan Kerugiannya

28 Juli 2022 16:07 1909 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Bagi kamu yang sudah memiliki penghasilan tetap akan tetapi bukan berarti masa depan kamu sudah terjamin, untuk bisa menjamin masa depan menjadi lebih baik sebaiknya kamu mulai melakukan investasi, berinvestasi biasanya bisa dilakukan dalam bentuk apapun Baik itu investasi saham, tanah, ataupun investasi emas. 

 

Investasi emas sendiri merupakan salah satu pilihan investasi terbaik terutama pada masa pandemi seperti sekarang, mas tidak hanya populer untuk digunakan sebagai perhiasan akan tetapi dianggap juga menjadi salah satu pilihan investasi yang menguntungkan Hal ini dikarenakan emas merupakan barang yang harganya memiliki kecenderungan naik dan jarang mengalami penurunan harga.

 

5 Cara Investasi Emas Beserta Keuntungan dan Kerugiannya

Tingkat kepopuleran emas sebagai salah satu bentuk investasi semakin naik dan banyak orang saat ini mulai beralih pada investasi emas karena mereka tidak perlu khawatir harganya akan turun secara signifikan, namun tidak sedikit dari kamu mungkin belum mengetahui bagaimana cara investasi emas yang aman, oleh karena itu pada pembahasan kali ini kami akan membahas bagaimana cara investasi emas beserta keuntungan dan kerugiannya. Bagi kamu Yang penasaran kamu bisa menyimak pembahasan lebih lengkapnya di bawah.

 

Cara Investasi Emas

Tentukan tujuan investasi emas

Sebelum kamu memulai investasi emas pastikan kamu sudah tahu Apa tujuan dalam berinvestasi, cara investasi emas yang aman ialah mengetahui dengan baik apa tujuan dalam investasi kamu jadi di sini kamu harus memiliki target dalam investasi emas baik itu untuk tabungan pendidikan, tabungan hari tua, ataupun tabungan pernikahan.

 

Sebagai contoh, kamu bisa menargetkan dalam kurun waktu 10 tahun ke depan nanti akan berhenti bekerja dan memulai usaha maka dari itu dari sekarang gaji yang kamu dapatkan bisa disisihkan untuk investasi pada emas. Dengan adanya tujuan yang jelas seperti hal tersebut maka kamu akan lebih tahu seberapa besar emas yang nantinya akan diinvestasikan setiap bulan.

 

Ikuti perkembangan harga emas secara rutin

Cara investasi emas berikutnya adalah kamu bisa mengikuti perkembangan harga emas secara rutin, contohnya seperti ketika kamu akan melakukan investasi emas antam maka di sini kamu harus mengikuti perkembangan harga emas Antam itu, Hal ini bertujuan agar kita mengetahui informasi mengenai emas baik itu penurunan harga ataupun ketika harga emas secara tiba-tiba melonjak tinggi. Dengan mengetahui informasi tersebut tentunya kamu bisa memiliki keleluasaan baik itu akan menambah investasi emas kamu ataupun menjualnya dalam harga yang tinggi.

 

Beli emas pada tempat terpercaya

Berikutnya adalah kamu bisa membeli emas pada tempat terpercaya, meskipun ada banyak sekali tempat yang menjual emas batangan untuk investasi akan tetapi ada baiknya kamu bisa membeli emas tersebut di tempat-tempat yang menjualnya secara resmi dan terpercaya. 

 

Adapun untuk tempat yang direkomendasikan dalam membeli emas untuk investasi salah satunya adalah kamu bisa membelinya pada PT Antam, kamu bisa membeli emas untuk investasi baik itu langsung datang pada kantor PT Antam ataupun juga bisa melalui e-commerce resmi dari PT Antam itu sendiri.

 

Gunakan tempat penyimpanan emas yang aman

Biasanya setelah kita melakukan pembelian emas untuk investasi langkah berikutnya adalah kamu bisa mulai menggunakan tempat penyimpanan emas yang akan kita investasikan di tempat yang aman, kamu bisa menggunakan tempat penyimpanan yang aman seperti brankas ataupun safety box. Namun bila hal tersebut dirasa belum aman kamu bisa mencoba metode penyimpanan lain yaitu pada safe deposit box yang ditawarkan oleh pihak bank.

 

Fokus investasi untuk masa depan

Cara yang terakhir adalah kamu bisa melakukan investasi yang berfokus untuk masa depan, dikarenakan harga emas setiap tahunnya ada peningkatan oleh karena itu kamu bisa berfokus untuk investasi emas dalam jangka panjang yaitu bisa sampai 10 hingga 15 tahun ke depan.

 

Setelah kamu mengetahui bagaimana cara melakukan investasi emas dengan mudah, ada baiknya kamu juga harus mengetahui apa saja keuntungan dan juga kerugian bila kamu berniat untuk melakukan investasi emas, Adapun untuk beberapa keuntungan dan kerugiannya kamu bisa menyimak pembahasannya di bawah.

 

Keuntungan Investasi Emas

keuntungan investasi emas tentunya ada banyak akan tetapi di sini kami akan memberikan kamu keuntungan investasi emas yang menjadi alasan kenapa emas tersebut merupakan investasi yang cukup populer, untuk keuntungannya yaitu sebagai berikut.

 

Mudah dicairkan

Keuntungan investasi emas yang pertama adalah emas mudah dicairkan, Hal ini dikarenakan emas memiliki tingkat likuiditas yang sangat tinggi yang artinya emas tersebut mudah dicairkan ke dalam bentuk uang tunai jika diperlukan. Hal ini tentunya berbeda dengan berbagai investasi lain seperti investasi tanah ataupun rumah yang sangat susah untuk dicairkan.

 

Dapat melindungi kekayaan

Keuntungan berikutnya adalah investasi emas dapat melindungi kekayaan, karena harganya yang stabil serta cenderung mengalami kenaikan maka ketika nanti sewaktu-waktu terjadi sebuah inflasi ataupun krisis ekonomi harga emas malah akan mengalami kenaikan. Hal tersebut tentunya akan sangat berbeda ketika kita hanya menyimpan uang yang kita punya dalam bentuk tunai.

 

Kerugian Investasi Emas 

Dalam melakukan investasi emas tentunya kita juga memiliki kerugian salah satunya adalah kerugian investasi emas antam yang bisa saja beresiko hilang ataupun mengalami penurunan harga, Adapun untuk kerugian lainnya ketika kamu berinvestasi emas adalah sebagai berikut.

 

Beresiko untuk hilang

Kerugian investasi emas yang pertama adalah ketika kamu berinvestasi emas tentunya emas tersebut beresiko untuk hilang, akan tetapi resiko ini bisa kamu tangani ketika kamu menyimpannya pada sebuah brankas yang aman ataupun menyewa SDB yang disediakan oleh bank.

 

Harga fluktuatif

Kerugian lain ketika kamu akan berinvestasi emas adalah harganya yang fluktuatif, harga emas tentunya cenderung mengalami kenaikan harga akan tetapi hal tersebut tentunya tidak setiap hari terjadi artinya memakan waktu beberapa tahun untuk emas mengalami kenaikan harga, maka tidak heran investasi emas merupakan investasi jangka panjang.

 

Mungkin hanya itu saja pembahasan kali ini mengenai cara investasi emas beserta keuntungan dan kerugiannya, semoga bisa membantu kamu ketika akan melakukan investasi emas. 

 

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi mengenai lowongan kerja ataupun informasi lainnya mengenai investasi emas kamu bisa mengunjungi TipsKarir.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Nilai Pancasila Yang Di Terapkan Dalam Tempat Kerja

Nilai Pancasila Yang Di Terapkan Dalam Tempat Kerja

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 1 Oktober, harus dijadikan sebagai kesempatan untuk merefleksikan tentang pemaknaan nilai-nilai dan kesaktian Pancasila itu sendiri. Hal ini penting khususnya bagi generasi muda Indonesia, karena generasi muda Indonesia merupakan harapan suatu bangsa di masa mendatang. Berikut ini nilai pancasila yang bisa kamu terapkan dalam menggapai karir diri sendiri, simak ya! Ketuhanan Yang Maha Esa Mempraktekan prinsip sila ini yaitu adalah sebagai bentuk ibadah atau ikhtiar seperti selalu bersyukur atas setiap pekerjaan yang telah diamanahkan kepada kita & menjalankannya dengan ikhlas dan sepenuh hati.   Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab Bersikap adil, yaitu tidak membedakan sesama rekan kerja, saling tolong menolong & Memiliki sikap saling berbagi baik ilmu maupun hal-hal positif lainnya yang dapat meningkatkan pengembangan diri.   Persatuan Indonesia Tidak membedakan antara suku, ras, & agama, saling membantu & mendukung dalam menggapai karir yang diinginkan.    Kerakyatan Yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan Biasakan untuk bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah & melaksanakan segala aturan maupun keputusan bersama dengan ikhlas dan bertanggung jawab.   Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia Seorang pemimpin harus berani memberikan pujian kepada karyawan yang berprestasi, dan teguran/nasihat kepada karyawan yang malas/kurang berprestasi & peduli terhadap seluruh anggota tim, dari level terendah sampai tertinggi   Itu dia nilai pancasila yang bisa di terapkan di tempat kerja. Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya!   
7 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan

7 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan

Semua orang tanpa terkecuali pasti menyukai dan menunggu-nunggu masa liburan. Bagaimana tidak? Setelah setiap hari berjerih payah mengumpulkan uang, liburan sangat bermanfaat untuk menjadi pelepas penat dalam pikiran. Jadi, tidak heran banyak orang yang menghabiskan masa liburannya dengan bersantai-santai, pergi ke daerah yang tenang, atau juga pergi ke tempat wisata. Pokoknya masa liburan itu adalah masa yang paling menyenangkan deh buat semua orang. Namun, setelah masa liburan sudah selesai, masalah kembali muncul. Perasaan liburan yang menyenangkan itu sulit dihilangkan sehingga semangat untuk kembali bekerja jadi turun. Mungkin banyak dari kamu yang juga merasakan hal ini setelah liburan. Ini adalah masalah yang bisa berdampak buruk jika dibiarkan terlalu lama. Jadi, lakukanlah 5 tips berikut ini agar kamu kembali semangat bekerja setelah liburan. 1. Pikirkan Kesenangan Dalam Bekerja Pikirkan Kesenangan Bekerja via hswstatic.com   Dibanding dengan liburan, tentu saja bekerja adalah hal yang tidak menyenangkan, namun jika kamu menyukai pekerjaan kamu, pasti ada sisi senangnya dari pekerjaan kamu. Agar kamu bisa kembali bersemangat, pikirkanlah hal-hal menyenangkan itu. Misalnya, kamu bisa pikirkan tentang bertemu dengan teman kerjamu yang sudah lama tak bertemu. Dengan memikirkan sisi positif dari pekerjaan kamu, maka akan semakin mudah bagi kamu untuk menumbuhkan semangat kerjamu yang sudah hampir sirna itu. 2. Buat Jadwal Hari Kerja Pertama Buat Jadwal Hari Kerja Pertama via huffpost.com   Memiliki kegiatan yang tertata rapi akan membuat kamu lebih bersemangat dalam bekerja. Buatlah jadwal pekerjaan yang akan kamu selesaikan mulai dari hari pertama hingga beberapa minggu ke depan. Dengan begitu, kamu secara tidak langsung mulai memikirkan cara untuk menyelesaikannya dan secara tidak sengaja semangat kerjamu bisa kembali meningkat. Jika punya jadwal yang jelas, maka kamu juga memiliki tujuan kerja yang jelas dan hal itulah yang bisa memacu kamu untuk lebih bersemangat. 3. Datang Lebih Pagi   Setelah beberapa lama bermalas-malasan di rumah, kamu jadi terbiasa untuk terus malas dan bangun siang. Tapi sekarang adalah saatnya kamu bekerja, jadi tinggalkan kebiasaan itu. Caranya adalah dengan cara memaksakan diri untuk bangun dan datang lebih pagi ke tempat kerjamu. Dengan begini, kamu punya lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri untuk melakukan pekerjaanmu yang sudah lama ditinggalkan sehingga kamu tidak keteteran saat mengerjakannya nanti. 4. Mulai Bekerja Secara Perlahan Kerja Perlahan Tapi Pasti via wellbuzz.com   Setelah liburan pasti banyak pekerjaan yang menumpuk dan menunggu untuk diselesaikan. Tenang saja, jangan panik karena ini adalah hal yang normal. Pokoknya lakukan saja pekerjaan itu dengan perlahan-lahan. Jangan terburu-buru untuk menyelesaikannya karena mood dan pikiran kamu masih belum sepenuhnya focus pada pekerjaan itu. Bisa jadi jika kamu terburu-buru, kamu malah semakin memperlama penyelesaian pekerjaan kamu karena harus sering diulang. Lebih baik kerjakan sedikit demi sedikit. Perlahan asal pasti, itu lebih baik. 5. Atur Waktu Dengan Bijaksana Atur Waktu Dengan Bijak via projectmanage.com   Pekerjaan yang menumpuk mendorong kamu untuk lembur? Jangan lakukan ini, karena bisa merusak semua hal baik yang sudah kamu ciptakan selama liburan kemarin bersama keluarga dan orang terdekatmu. Lakukan pekerjaanmu semaksimal mungkin di waktu kerja yang sudah ditentukan. Tapi ketika saatnya selesai kerja, pakailah waktu untuk memperhatikan keluargamu. Ingatlah mereka jauh lebih penting dari pekerjaanmu. Lagipula, dengan memiliki pengaturan waktu yang baik, kamu bisa semakin semangat bekerja. Kedekatan dengan keluarga seperti saat liburan akan membawa kamu untuk bisa fokus bekerja pada waktunya. 6. Minta Bantuan Jika Perlu Minta Bantuan Jika Perlu via amazonaws.com   Mungkin pikiran kamu masih belum fokus pada pekerjaanmu saat ini, jadi kamu merasa tertinggal dan kesulitan dalam menyelesaikannya. Apabila hal ini terjadi pada kamu, jangan sungkan untuk meminta bantuan pada rekan kerjamu. Meminta bantuan bukan menunjukkan bahwa kamu tidak mampu melakukan pekerjaanmu, tapi kamu hanya belum siap untuk melakukannya sekarang. Jadi, mintalah bantuan jika diperlukan. Baca Juga: Atasi Stres Kamu Ditempat Kerja Dengan Cara Ini 7. Jangan Terbawa Teman Jangan Terbawa Teman Yang Malas via lmssuccess.com   Musim liburan memang sangat bisa membuat orang jadi malas. Mungkin teman-teman kerjamu masih bermalas-malasan pasca liburan dan ini bisa mempengaruhi kamu. Tapi jangan biarkan mereka mempengaruhi kamu, melainkan kamu yang harus pengaruhi mereka untuk semangat bekerja. Pertahankan semangat kerjamu dan jangan terbawa dengan kemalasan mereka. Update 8. Langsung Fokus Bekerja Fokus Bekerja via duoparadigms.com   Hal yang paling utama, tentu saja kembali fokus ke dalam masalah kerja. Lupakan euforia liburan, karena masa tersebut sudah selesai dan Anda mesti mengembalikan mood agar bisa bekerja dengan baik. Ingat, liburan sangat berguna untuk mengembalikan semangat bekerja yang mungkin sudah mulai padam karena rasa bosan. Bekerja Dan Menabung Setelah selesai menghabiskan uang di masa liburanmu kemarin, sekarang saatnya kamu untuk mengumpulkan uang lagi untuk hidup dan merencanakan liburan selanjutnya. Pikiran seperti ini bisa membuat kamu semakin semangat untuk bekerja dan menabung. Oleh karena itu, bekerja keraslah dan tabunglah uang hasil kerjamu supaya semakin banyak uang yang bisa kamu pakai untuk liburan nanti. Semangat!   Sumber : https://www.cermati.com/artikel/7-tips-mengembalikan-semangat-kerja-setelah-liburan
Komentar