Pencari Karir Pencari Kandidat

2020 Resign? Biar Gak Menyesal, 5 Hal Ini Perlu Dipertimbangkan!

24 Maret 2021 20:03 1111 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Tahun 2020 sudah dekat, artinya resolusi untuk memperbaiki diri dan kehidupan harus mulai direncanakan. Kalau kamu mulai memikirkan untuk resign dari tempat kerjamu sekarang, sebaiknya dipikir lagi matang-matang. Keputusan yang kamu ambil akan menentukan masa depan karirmu, karenanya ini bukan hal yang instan untuk dilakukan. Yuk simak 5 hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk resign.

 

 

  • Tanyakan pada diri sendiri, apa sudah maksimal dalam bekerja?

 

Terkadang pikiran untuk buru-buru resign timbul karena kita merasa gak dapet apresiasi atas dedikasi kita ke perusahaan. Tapi coba deh introspeksi diri lagi, apakah kamu juga melakukan yang terbaik untuk perusahaanmu sekarang? Coba kamu terapkan konsep take and give, memberi terlebih dulu baru kamu layak menerima. 

 

 

  • Sebenarnya yang kamu butuhkan bukan resign, tapi usaha menjadi lebih baik

 

Rasa jenuh sama pekerjaan bisa muncul kapan aja, apalagi buat kamu yang kerja gak sesuai minat & bakat. Mungkin resign bukan jalan keluar terbaik buat karir kamu sekarang. Kerahkan potensi terbaikmu, siapa tau dapat pola kerja yang bikin kamu nyaman.

 

 

  • Pastikan kamu sudah mendapat pengalaman berharga

 

Sebelum mengajukan surat permohonan resign ke atasan, pastikan kamu sudah dapat banyak ilmu yang bisa dijadikan bekal karirmu ke depan. Manfaatkan sisa waktumu untuk membangun relasi. Ingat ya, kamu adalah orang beruntung bisa bekerja di perusahaan tempat kerjamu sekarang, banyak orang di luar sana yang masih belum mendapatkan pekerjaan impiannya. Jadi, bangun pengalaman sebanyak-banyaknya, baru deh kamu siap move on ke tempat baru.

 

 

  • Siapkah diri kamu menghadapi perubahan?

 

Sebaiknya kamu mulai membayangkan kesiapan mentalmu menghadapi masa peralihan. Apalagi buat kamu yang belum punya pekerjaan pengganti. Perhitungkan dan siapkan finansialmu selama belum mendapatkan pekerjaan baru. Kuatkan tekad dan bangun kebersamaan dengan orang-orang terdekat sebagai penyemangat. Jangan sampai kamu down karena belum siap sama perubahan.

 

 

  • Gak ada salahnya mendengar pendapat dari orang lain

 

Meski kamu merasa bisa memutuskan apapun sendiri, meminta pendapat orang lain perkara resign juga gak ada salahnya lho. Tampung semua pendapat untuk menemukan keputusan terbaik buat karir kamu. Jangan ragu ceritain masalah kamu pada orang yang lebih berpengalaman. Kalau bingung nyari teman curhat soal resign dan masalah karir lain, di TopKarir Klinik kamu bisa loh cerita bareng expert keren dari beragam bidang yang bakal bantu menemukan solusi terbaik untuk karir kamu. #CeritainYuk

 

 

Itu tadi 5 hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk resign di tahun depan. Merencanakan masa depan juga butuh pertimbangan yang matang, jangan sampai kamu salah mengambil jalan ya, semangat #2020KarirBaru. Mau tau informasi dan tips-tips karir lainnya? Yuk download aplikasi TopKarir di App Store dan Play Store kamu sekarang.

 

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Cara Sukses Walk In Interview, Perhatikan 5 Hal Ini

Cara Sukses Walk In Interview, Perhatikan 5 Hal Ini

Walk in interview adalah wawancara terbuka yang dilakukan perusahaan untuk posisi tertentu dalam waktu dan skala khusus. Biasanya, proses penerimaan karyawan ini berlangsung lebih singkat dari wawancara pada umumnya dan menawarkan lowongan pekerjaan yang lebih bervariasi.   Untuk sukses walk in interview, ada sejumlah hal penting yang perlu kamu perhatikan. Mulai dari cara bersikap hingga cara berpenampilan.   Tips sukses walk in interview Agar sukses dalam wawancara terbuka, ini yang perlu diperhatikan:   1. Bangun kesan pertama yang positif Sapa pewawancara dengan senyum dan jabat tangan yang tegas dengan memberikan kontak mata. Cobalah untuk berbasa-basi saat berjalan dari area resepsionis ke ruang wawancara.    Kamu harus menjual diri sendiri sebelum menjual apapun, dan 30 detik pertama adalah saat pewawancara secara tidak sadar membuat keputusan tentang apakah mereka menyukaimu atau tidak dan apakah kamu akan cocok dengan tim.   2. Mengapa mereka harus mempekerjakan kamu? Sebagian besar iklan lowongan kerja akan mencantumkan kualifikasi yang mereka cari untuk pekerja tim hingga komunikator yang baik. Jadi terserah kamu untuk memikirkan contoh bagaimana kamu dapat mendemonstrasikan keterampilan ini.    Bersiaplah untuk berbicara tentang pengetahuan, pengalaman, kemampuan, dan keterampilanmu. Miliki setidaknya tiga poin kuat tentang dirimu yang dapat kamu hubungkan dengan perusahaan dan pekerjaan yang ditawarkan.   3. Bersikaplah positif Pewawancara akan memikirkan bagaimana rasanya bekerja dengan kamu, jadi hal terakhir yang mereka ingin dengar adalah membicarakan atasan atau kolega kamu saat ini di belakang mereka. Pewawancara senang melihat seseorang yang menyukai tantangan dan antusias.   4. Ingat bahasa tubuh kamu Ini bukan tentang apa yang kamu katakan, tetapi bagaimana kamu mengatakannya. Selama wawancara, jangan melipat tangan dan bersandar ke belakang atau melihat ke lantai. Duduk tegak dan usahakan untuk menjaga kontak mata.    Gunakan tangan kamu dan condongkan tubuh ke depan saat menyampaikan maksud. Banyak orang tidak dapat berpikir dan mengontrol bahasa tubuh mereka pada saat bersamaan, itulah mengapa kamu perlu bersiap.   5. Ingat sopan santun Lebih baik memilih daripada dipilih. Beritahu pewawancara mengapa kamu tertarik dengan perusahaan dan peluang kerja.   Mintalah kartu nama dari mereka dan tindak lanjuti dengan mengirimkan email atau surat terima kasih, katakan betapa kamu senang bertemu dengan mereka dan betapa tertariknya kamu manfaatkan kesempatan ini untuk bergabung dengan tim.   Itulah 5 hal yang harus diperhatikan saat kamu melakukan walk in interview. Dapatkan juga informasi dan tips karir menarik lainnya di sini. Download aplikasi TopKarir sekarang atau kunjungi topkarir.com untuk mendapatkan informasi lowongan kerja ter-update.
Komentar