KANDIDAT PERUSAHAAN

Nadiem Beri Apresiasi, Beasiswa OSC Medcom.id Strategis untuk Pemerataan Pendidikan

22 September 2022 16:09 7408 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 49 KALI DIBAGIKAN

Jakarta: Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengapresiasi hadirnya Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id. Nadiem mengatakan OSC Medcom.id mampu menjadi solusi dari rendahnya tingkat partisipasi peserta didik di pendidikan tinggi.

 

Menurut Nadiem, keberadaan beasiswa sangat strategis untuk menjadi jalan pemerataan pendidikan bagi seluruh anak bangsa.  "Pemberian beasiswa menjadi program yang strategis untuk pemerataan akses terhadap perguruan tinggi," kata Nadiem dalam video sambutannya di Kick Off Beasiswa OSC 2022, di Universitas Tarumanagara, Jakarta, Senin, 8 Agustus 2022.

 

Dia menyebut beasiswa OSC Medcom.id telah membuka peluang bagi seluruh anak bangsa untuk mengenyam pendidikan tinggi.  "Beasiswa OSC yang diinisiasi Medcom.id (membuka) kesempatan anak-anak Indonesia untuk meneruskan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi akan semakin terbuka," kata Nadiem.

 

Nadiem mengatakan, kemajuan sebuah negara ditentukan dari SDM unggul secara pengetahuan dan kemampuan. SDM unggul juga mesti tangguh dalam hal karakter dan kepribadian.

 

"SDM terbaik adalah yang memiliki keinginan yang kuat dalam kontribusi kepada bangsa dalam hal ini pendidikan tinggi paling dekat dengan dunia kerja menjadi titik loncat untuk Indonesia menuju masa depan," kata dia.

 

Kemendikbudristek juga telah melakukan sejumlah upaya yang dikemas dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Salah satunya perluasan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) hingga dapat dinikmati S1, guru, seniman, bahkan hingga pelaku budaya.

 

Selain itu, Kemendikbudristek juga meluncurkan KIP Kuliah Merdeka. Program ini mengalami transformasi dengan peningkatan jumlah bantuan dana yang diterima mahasiswa dari sebelumnya Rp2,4 juta menjadi Rp12 juta untuk program studi akreditasi A.

 

"Tahun lalu kami telah menyalurkan KIP kuliah untuk 1,7 juta mahasiswa di seluruh Indonesia. Kemudian, kami juga memberikan perhatian khusus untuk mahasiswa Papua, Papua Barat, daerah 3T, dan mahasiswa anak pekerja migran dengan memberikan beasiswa hingga perguruan tinggi yang disalurkan lebih dari 6.300 pendidik," papar dia.

 

Program Online Scholarship Competition (OSC) 2022 menyiapkan 539 beasiswa jenjang S1 di tahun 2022.  Beasiswa OSC tersebut diberikan oleh 27 perguruan tinggi negeri maupun swasta mitra penyedia beasiswa.

 

Pemenang OSC akan mendapatkan, beasiswa S1 bebas uang pangkal, bebas uang semester selama 8 semester, tabungan Pendidikan, bantuan living cost untuk pemenang terpilih, kesempatan magang hingga bekerja di Media Group. Siswa/I Indonesia bisa mendaftar program beasiswa OSC mulai tanggal 08 Agustus 2022 hingga 02 November 2022 di laman  https://osc.medcom.id/.

Komentar