Pencari Karir Pencari Kandidat

Apa Itu Mental Block? Berikut Pengertian, Penyebab, Jenis dan Cara Mengatasinya

05 Oktober 2022 14:10 4533 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 3 KALI DIBAGIKAN

 

Pernahkah kamu mengalami kondisi dimana otak kamu tidak bisa berpikir sehingga menghambat segala aktivitas dan pekerjaan, Jika pernah mungkin kamu sedang mengalami Mental block. Kondisi ini merupakan salah satu gangguan psikologis yang harus kamu buang jauh-jauh karena bisa membuat kamu kehilangan rasa percaya diri serta sangat sulit memahami serta mendefinisikan sesuatu.

 

Lalu apa itu mental block? Bagi kamu yang ingin mengetahui dan memahami lebih lanjut mengenai mental block kamu bisa menyimak pembahasan kali ini, karena disini kami akan memberikan pembahasan mengenai pengertian, penyebab terjadinya, jenis-jenis mental block dan cara mengatasinya. 

 

Pengertian Mental Block 

Mental block adalah sebuah kondisi yang cukup berbahaya jika dilihat dengan kacamata psikologi karena banyak ahli sudah mendeskripsikan kondisi ini sebagai salah satu upaya penolakan atas sejumlah aksi karena kurangnya rasa percaya diri.

 

Mental block memungkinkan adanya penolakan pada otak yang mana tubuh pun tentu saja akan bereaksi sehingga berakibat pada terhambatnya segala macam aktivitas, inovasi, motivasi, hingga ide sulit untuk didapatkan ketika kita berada pada kondisi ini.

 

Saat kamu mengalami mental block maka tentunya hal ini akan sangat merugikan serta akan mengganggu kamu baik itu dalam aktivitas ataupun pekerjaan dan menurunkan produktivitas kamu dalam bekerja.

 

Penyebab Terjadinya Mental Block

Adapun untuk penyebab terjadinya mental blog sebenarnya disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari kurang istirahat dan juga lingkungan sekitar yang tidak kondusif dan mengganggu kamu dalam berpikir, untuk beberapa penyebab lainnya terjadinya mental block yaitu sebagai berikut.

 

Kurang Istirahat

Penyebab yang pertama adalah kurangnya istirahat, seperti yang kita tahu dengan minimnya jam tidur maka hal tersebut bisa meningkatkan probabilitas kamu sehingga terkena gangguan mental block, Hal ini dikarenakan tubuh berada pada kondisi yang lelah dan kurang istirahat sehingga berpengaruh pada otak kita.

 

Tidak Fokus

Penyebab terjadinya mental block berikutnya adalah karena pikiran kita tidak fokus, apabila kamu mengalami gejala ini maka salah satu cara untuk mengatasinya kamu bisa fokus dalam satu hal terlebih dahulu dan Jangan melakukan multitasking serta mengerjakan beberapa hal dalam waktu bersamaan.

 

Lingkungan Sekitar Tidak Kondusif

Berikutnya adalah karena lingkungan di sekitar kamu yang tidak kondusif, lingkungan yang tidak kondusif ini bisa saja lingkungan yang terlalu ramai dan padat sehingga bisa memperparah stres yang kamu alami karena banyak gangguan dan bunyi-bunyi berisik. Kamu bisa meluangkan waktu untuk tinggal ataupun berlibur di pedesaan yang suasananya lebih tenang.

 

Kebiasaan Menunda Sesuatu

Terbiasa menunda pekerjaan tentunya akan berakhir menjadi sebuah kecemasan karena pekerjaan yang seharusnya sudah selesai karena kita menundanya maka pekerjaan tersebut malah mangkrak dan tidak terselesaikan, jadi usahakan dalam bekerja kamu bisa mengerjakan segala sesuatu pekerjaan dengan tepat waktu agar tidak menyebabkan mental block.

 

Imposter Syndrome

Penyebab berikutnya adalah imposter syndrome, sindrom ini merupakan salah satu sindrom yang bisa membuat seseorang beranggapan bahwa dirinya tidak kompeten, sindrom ini juga biasanya dikenal sebagai salah satu sindrom yang cukup berbahaya karena membuat diri kita seakan tidak berguna.

 

Perfeksionisme

Selanjutnya adalah memiliki sifat perfeksionisme, saat kamu memiliki sifat ini maka kamu akan tergila-gila akan kesempurnaan yang tentunya hal ini bisa menghambat produktivitas kamu karena cenderung tidak dapat mengerjakan segala sesuatu dengan cepat, sifat ini juga dapat membuat kamu menganggap bahwa kamu tidak boleh kalah dari siapapun. 

 

Pesimisme

Selain penyebab mental blue karena memiliki sifat perfeksionisme ternyata penyebab lainnya dari mental blok ini adalah sifat pesimisme, pesimisme merupakan salah satu bentuk gangguan kepercayaan diri lainnya yang bisa menjadi penyebab utama terhambatnya produktivitas kamu dan mengalami mental block. contoh mental block salah satunya adalah kamu tidak pede dalam mengerjakan sebuah pekerjaan yang bukan lingkup pekerjaan.

 

Jenis-jenis Mental Block

Sampai saat ini mental block menjadi salah satu gangguan yang bisa membuat setiap orang menjadi tidak produktif dan bisa mengganggu mereka dalam bekerja, sejumlah pakar sudah menggolongkan gangguan mental blok ini ke dalam 7 Jenis yang berbeda, bagi kamu yang ingin mengetahui apa saja jenis mental block kamu bisa menyimak pembahasan lebih lengkapnya di bawah.

 

Self doubt

Jenis yang pertama adalah self doubt, jenis Ini adalah sebuah bentuk keraguan terhadap kemampuan diri sendiri, yang tentunya jenis ini salah satu yang sangat berbahaya karena bisa menurunkan performa seseorang dalam hal menunjukkan bakat serta biasanya orang yang memiliki jenis ini akan berpikir bahwa dirinya tidak bisa memenuhi kriteria yang seharusnya bisa dicapai oleh dia.

 

Comparison

Berikutnya adalah comparison, jenis ini bisa membuat seseorang membandingkan kemampuan dirinya dengan kemampuan orang lain sehingga menjadikan kesuksesan orang sebagai salah satu ancaman baginya, hal ini tentunya bisa terjadi ketika seseorang merasa bahwa tidak ada satupun peluang yang tersisa di dunia ini. Maka dari itu jenis ini cukup berbahaya terutama bagi mereka yang saat ini sedang mencari kerja.

 

Tunnel vision

Jenis berikutnya adalah tunnel vision, jenis ini bisa mengakibatkan seseorang terus-menerus mengurung diri dari kenyataan, parahnya lagi jenis mental block ini bisa membuat perspektif seseorang berubah sehingga tidak mampu berpikir dengan jernih dan objektif sesuai dengan fakta yang ada.

 

Indecision

Selanjutnya adalah indecision, jenis ini bisa menyebabkan seseorang menjadi lebih was-was saat akan memutuskan sesuatu, Hal ini dikarenakan mereka akan cenderung mempertimbangkan segala bentuk kemungkinan yang belum tentu terjadi. Hal ini Jika dibiarkan terus-menerus maka akan cukup berbahaya karena bisa mengubur kemampuan seseorang dalam bertindak lebih cepat.

 

Uncertainty

Berikutnya adalah jenis uncertainty, jenis ini memang sedikit mirip dengan bentuk indecision akan tetapi bedanya jenis ini mengacu pada ketidakmampuan seseorang dalam menemukan sebuah solusi ketika diminta membuat sebuah keputusan. Seseorang yang memiliki gangguan jenis ini biasanya akan kebingungan jika dirinya diberikan sebuah opsi untuk dijawab.

 

Fixed mindset

Jenis mental blok berikutnya adalah fixed mindset, jenis ini bisa menghambat pola pikir seseorang dan bisa terjadi pada orang dengan rasa percaya yang berlebih, Hal ini dikarenakan mereka akan terus-menerus berpikir sebagai orang yang paling hebat dan tidak bisa dikalahkan. Kemungkinan terburuk jika seseorang mengalami jenis mental buruk ini adalah mereka akan menganggap kekalahan sebagai hal yang paling memalukan.

 

No limits

Jenis mental block yang terakhir adalah no limit, Jika kamu beranggapan bahwa jika ada seseorang yang pandai dalam segala hal tersebut pasti sangat keren, akan tetapi pada kenyataannya hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena manusia yang ahli dalam segala hal malah bisa dikategorikan menjadi salah satu gangguan mental. Hal tersebut dikarenakan mereka akan cenderung tidak mampu membagi fokus sehingga akan mendapatkan tekanan batin yang berlebih.

 

Cara Mudah Mengatasi Mental Block

Setelah kamu mengetahui apa itu mental block mulai dari pengertian, penyebab dan juga jenisnya, berikutnya kamu juga harus mengetahui mengenai bagaimana cara mengatasi mental block itu sendiri agar nantinya ketika kamu sedang mengalami mental bro kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan mudah. Bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara mengatasinya kamu bisa menyimaknya berikut ini.

 

  • Cara pertama kamu bisa mengenali segala bentuk gangguan psikologi yang ada pada dirimu dengan baik, berguna agar bisa mengatasi mental box kamu serta lebih sadar akan gejala yang dialami.
  • Cara berikutnya kamu bisa menata ulang cara berpikir agar bisa melihat segala sesuatu dalam perspektif dan sudut pandang yang berbeda.
  • Cara berikutnya kamu bisa mengendalikan diri ketika merasa terlalu banyak pikiran yang mengganggu dan menghambat.
  • Tinggalkan segala sesuatu yang ada di masa lalu dan fokus pada masa kini.
  • Mulailah segala pekerjaan dengan rangkaian yang sederhana untuk membuat segala sesuatu lebih terstruktur.
  • Jangan sekali-kali memendam perasaan ataupun emosi, cobalah untuk menceritakannya kepada orang lain atau menulisnya pada sebuah kertas agar emosi kamu bisa tersalurkan.
  • Maafkan segala kesalahan yang sudah dilakukan oleh diri sendiri dan melupakan kejadian buruk di masa lalu dengan perlahan.
  • Cara yang terakhir adalah kamu bisa meningkatkan pola hidup sehat dengan cara rajin berolahraga serta melakukan konsultasi dengan psikologi untuk mendapatkan saran mengenai kondisimu saat ini.

Nah itu tadi pembahasan mengenai mental block, bagi kamu yang saat ini sedang mengalami hal tersebut kamu bisa menerapkan beberapa cara mengatasinya yang sudah kami sebutkan di atas. Namun yang perlu kamu ketahui kondisi ini tentu saja tidak bisa hilang dengan mudah oleh karena itu kamu bisa bersabar dan menikmati prosesnya.

 

Saat kamu mengalami mental block ini tentunya kamu akan mengalami banyak sekali kerugian mulai dari tingkat produktivitas kamu dalam bekerja di kantor menurun hingga kamu tidak fokus dalam mengerjakan segala sesuatu dan aktivitas sehari-hari, untuk terhindar dari hal-hal tersebut kamu bisa lebih memahami mengenai mental block ini pada pembahasan di atas tadi.

 

Bagi kamu yang saat ini belum Memiliki pekerjaan kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan terbaru dan terlengkap di TopKarir, selain lowongan pekerjaan kamu bisa mendapatkan informasi menarik mengenai pengembangan karir hanya di TipsKarir.

Komentar