Pencari Karir Pencari Kandidat

9 Cara Untuk Menjadi Content Creator TikTok yang Wajib Kamu Ketahui

12 Agustus 2022 15:08 2104 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Tiktok saat ini menjadi salah satu platform yang memiliki banyak sekali pengguna di Indonesia bahkan di dunia, saat ini banyak sekali orang yang mencoba peruntungan mereka untuk bisa mengumpulkan uang dengan cara menjadi seorang konten kreator di tiktok. Ada sekitar 1 miliar pengguna aktif di tiktok setiap bulannya, maka tidak heran jika sekarang kebanyakan orang berbondong bondong untuk beralih ke platform Tiktok.

 

Pada platform Tiktok ada banyak sekali inovasi fitur di dalamnya, mulai dari Tiktok affiliate, Tiktok Shop, hingga Tiktok Live. Beberapa fitur ini tentu saja memungkinkan para konten kreator untuk bisa menghasilkan uang dengan cara membuat konten.

 

Bagi kamu yang ingin mencoba untuk menjadi seorang content creator Tiktok kamu bisa menyimak pembahasan kali ini, karena kami akan memberikan kamu 9 cara untuk menjadi konten kreator Tiktok, penasaran? Masih simak cara lengkapnya dibawah.

 

9 Cara Untuk Menjadi Content Creator TikTok yang Wajib Kamu Ketahui

Buat Konten Berkualitas

Cara pertama untuk menjadi seorang konten kreator Tik tok adalah kamu harus membuat konten yang berkualitas, jika kamu sudah memiliki peralatan yang memadai mulai dari kamera, tripod dan juga PC yang mumpuni untuk melakukan pengeditan konten maka kamu bisa menggunakannya sebaik mungkin karena audience tiktok biasanya sangat menyukai konten dengan kualitas video yang bagus.

 

Namun bagi kamu yang belum mempunyai peralatan yang memadai kamu tidak perlu khawatir karena ada banyak juga konten kreator Tiktok yang berhasil menjadi influencer dengan peralatan dan juga tempat seadanya. Karena kualitas konten bukan diukur dari seberapa besar ukuran dari videonya akan tetapi Apa isi yang dibawa pada video tersebut, yang jelas jika kamu ingin menjadi konten kreator di tiktok yang terpenting adalah kamu harus fokus memberikan konten yang bermanfaat serta menghibur bagi orang-orang.

 

Tentukan Niche Konten

Sebagai seorang pemula yang ingin menjadi konten kreator Tik tok tentunya kamu harus menentukan niche dari konten yang akan kamu bawa pada platform Tik tok ini, biasanya sebelum kamu memulai untuk membuat konten kamu harus mereset terlebih dahulu niche konten yang disukai oleh audien, contohnya seperti:

 

  • Kuliner
  • Daily life
  • Fashion
  • Game
  • Kecantikan
  • Office life
  • Dll

Para audiens biasanya sangat menyukai konten kreator yang konsisten pada nichenya, hal ini juga akan membantu kamu agar lebih diingat oleh para penonton, selain itu kamu juga harus melakukan riset kompetitor yang sama mengambil Niche seperti kamu lalu tentukan apa kelebihan mereka dan juga pelajari kekurangannya. 

 

Pahami Target Audience

Cara untuk menjadi konten kreatif Tik tok selanjutnya adalah kamu harus memahami target audience kamu, kamu harus memahami apakah konten yang sudah kamu buat bisa memenuhi kebutuhan mereka atau pun tidak. Misalnya saja, Apakah konten kamu sudah bisa menyelesaikan ataupun memberikan solusi atas permasalahan para audiens ataupun juga Apakah konten kamu bisa menambah pengetahuan mereka.

 

Namun untuk memahami target audience tidak hanya mencari tahu kebutuhan serta kesukaan mereka saja, kamu juga harus bisa mendengarkan apa yang tidak disukainya. Misalnya mereka kurang suka jika topik pembahasan videomu terlalu berat ataupun terlalu serius maka usahakan ketika membuat video selanjutnya kamu bisa lebih bisa mencairkan suasana pada video tersebut.

 

Ikuti Tren

Seperti yang kita tahu bahwa tren yang ada di tiktok akan selalu berubah-ubah setiap harinya, setiap harinya selalu saja ada sound yang baru dan juga trending oleh karena itu kamu harus bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk bisa menjangkau audiens baru dengan cara mengikuti tren tersebut.

 

Kamu harus bisa cepat menyesuaikan dan mengikuti trend ini karena biasanya tren pada Tiktok tidak berlangsung lama hanya sekitar 3 hari 1 minggu saja, oleh karena itu skill kreativitas kamu di sini akan sangat diuji karena untuk menjadi seorang konten kreatif Tiktok kamu harus bisa menarik audios dengan konten yang unik dan beda dari yang lain.

 

Pelajari Jam Fyp Tiktok

Selanjutnya adalah kamu harus mempelajari jam fyp tiktok, ketika kamu menjadi seorang konten kreator kamu harus bisa menentukan jam mana yang akan membuat video menjadi Fyp, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu jam mana yang memang paling cocok untuk melakukan penguploadan video Tiktok, biasanya jam fyp tiktok cukup beragam mulai dari jam istirahat makan siang ataupun sore hari ketika para pekerja pulang dari kantor. Hal ini dikalahkan biasanya jam-jam tersebut telah yang menjadi kesempatan bagi setiap orang untuk membuka handphone mereka dan beristirahat.

 

Terapkan Story Telling

Cara untuk menjadi konten kreator Tik tok selanjutnya adalah kamu bisa menerapkan story telling pada konten yang kamu buat, ada banyak sekali teknik story telling yang bisa kamu tiru salah satunya adalah dengan cara memanfaatkan suatu Pertanyaan pada detik awal video sehingga nantinya audien pun akan langsung tertarik dan penasaran dengan isi dari video kamu, sehingga mereka menontonnya sampai Akhir.

 

Tidak hanya itu kamu juga bisa menceritakan tentang behind the scene dari kehidupan kamu ataupun bisnis serta kegiatan sehari-hari yang kamu lalui melalui video "a day in my life".

 

Konsisten Upload Konten

Salah satu cara yang paling penting agar kamu bisa sukses menjadi seorang content creator Tiktok adalah kamu harus konsisten dalam mengupload konten, selain kamu harus memperhatikan kualitas dari konten kamu kamu juga harus bisa konsisten untuk mengupload konten di setiap harinya.

 

Jika kamu sudah sering upload tapi tiba-tiba berhenti untuk mengupload konten contohnya selama satu bulan maka tentunya kamu harus memulai dari awal lagi karena algoritma Tiktok tentu sudah berubah. Maka dari itu usahakan untuk disiplin dan juga konsisten dalam mengupload konten ini karena tentunya audience kamu pasti lebih menyukai konten kreator yang rutin upload video.

 

Jadi Diri Sendiri

Cara selanjutnya adalah menjadi diri sendiri, untuk menjadi seorang content creator tentunya membentuk personal branding sesuai yang kamu mau itu penting akan tetapi untuk membentuk hal tersebut tentunya kamu harus memerlukan orisinil dan juga keunikan yang membedakan kamu dengan orang lain maka dari itu menjadi diri sendiri adalah cara yang paling baik ketika ingin menjadi seorang konten kreator.

 

Cara ini juga sangat penting agar kamu bisa berbeda dari yang lain dan tidak terkesan meniru, jadi orang-orang pastinya bisa membedakan antara kamu dan juga orang lain yang meniru kamu, dalam dunia Tiktok ada banyak sekali konten kreator yang membuat konten sederhana akan tetapi banyak sekali disukai oleh penonton, Hal ini dikarenakan mereka berhasil menghibur orang-orang dengan cara mereka sendiri.

 

Pelajari Tiktok Ads

Untuk menjadi seorang konten kreator di tiktok kamu juga harus mempelajari tiktok ads, jika kamu ingin menjangkau audience lebih luas kamu bisa memanfaatkan fitur yang ada di tiktok ini agar nantinya konten kamu bisa dilihat lebih banyak orang, tidak hanya itu kamu juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk bisa mempromosikan dagangan ataupun produk yang akan kamu jual pada Tiktok shop.

 

Demikian pembahasan mengenai 9 cara untuk menjadi konten kreator Tiktok yang wajib kamu ketahui, perlu diingat bahwa untuk menjadi seorang konten kreator pada Tik tok setiap orang tentunya akan melewati proses yang berbeda-beda, ada yang sudah konsisten membuat konten selama 2 tahun tapi mereka baru berhasil pada tahun 3. Ada juga orang yang baru mencoba menjadi konten kreator dan mereka berhasil serta sering masuk Fyp.

 

Oleh karena itu kamu harus mengingat bahwa menjadi seorang content creator tidaklah mudah dan kamu harus sabar serta tulus menjalani prosesnya. Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi mengenai lowongan pekerjaan kamu bisa mengunjungi TopKarir. Dapatkan informasi menarik lainnya mengenai prospek karir hanya di TipsKarir 

Komentar