Pencari Karir Pencari Kandidat

7 Tips Menjaga Pola Tidur yang Baik Agar Produktivitas Kerja Tetap Terjaga

06 Oktober 2022 17:10 1546 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

 

Dengan menjaga pola tidur yang baik tentu saja hal ini akan berpengaruh pada tingkat produktivitas kita dalam, bayangkan saja ketika kamu semalam tidak tidur lalu paginya pergi ke kantor untuk bekerja tentunya Kamu tidak akan produktif dan malah ngantuk di tempat kerja.

 

Selain berguna untuk menjaga kesehatan pola tidur yang baik juga tentunya sangat penting untuk menjaga fokus kita di tempat kerja, karena tidur merupakan salah satu cara utama kita untuk mengembalikan energi yang sudah hilang dipakai ketika bekerja seharian.

 

Bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana tips menjaga pola tidur yang baik agar produktivitas kerja kamu tetap terjaga kamu bisa menyimak pembahasan kali ini, karena kami akan memberikan 7 tips menjaga pola tidur yang baik agar produktivitas kerja tetap terjaga.

 

7 Tips Menjaga Pola Tidur yang Baik 

Pola tidur yang baik untuk kesehatan adalah pola tidur yang teratur Jadi itu kita akan mendapatkan energi yang cukup Saat di pagi hari kita bangun dan berangkat kerja, namun untuk bisa menjaga pola tidur yang baik dan teratur ini mungkin bagi sebagian orang cukup sulit. Maka dari itu bagi kamu yang saat ini ingin menjaga pola tidur yang baik agar produktivitas kamu tetap terjaga saat bekerja di kantor kamu bisa menyimak beberapa tipsnya sebagai berikut.

 

Jangan Minum Kopi di Sore Hari

Tips yang pertama untuk menjaga pola tidur yang baik agar produktivitas kerja kamu tetap terjaga adalah usahakan di sore hari kamu jangan minum kopi atau minuman lain yang mengandung kafein berlebih, meskipun kita tahu bahwa kafein memang mengandung banyak manfaat misalnya untuk meningkatkan fokus dan meningkatkan energi kita dalam bekerja.

 

Namun jika kamu mengonsumsi kafein 6 jam sebelum tidur maka hal tersebut bisa mengganggu pola tidur kamu dan bahkan bisa saja kamu semalaman tidak tidur, efek dari minum kopi Ini bisa bertahan di dalam tubuh selama kurang lebih 6 sampai 8 jam. Jadi usahakan kamu jangan mengkonsumsi kopi di jam 03.00 atau 04.00 sore agar malamnya kamu bisa tidur dengan nyenyak.

 

Kurangi Bermain HP

Berikutnya adalah kamu bisa kurangi bermain HP, saat kamu bermain hp terlalu lama maka hal tersebut akan memberikan dampak kepada otakmu yang akan berpikir bahwa kamu harus beraktivitas seperti di siang hari. Jadi usahakan satu sampai dua jam sebelum tidur kamu jangan bermain HP agar kamu bisa tidur dan istirahat.

 

Kurangi Tidur Siang Berlebih

Pola tidur yang baik dan sehat akan tercipta ketika kamu bisa tidur dengan tepat waktu dan bangun di waktu yang tepat pula, namun hal ini tidak akan berlaku jika kamu terlalu sering tidur siang berlebihan mengakibatkan di malam hari kamu malah tidak tidur. 

 

Hal ini tentunya akan berdampak negatif pada pola tidur kamu, yang mana seharusnya kamu tidur di malam hari menjadi tidak tidur karena terlalu lama tidur di siang hari, untuk durasi tidur di siang hari idealnya hanya selama 30 menit saja atau kurang jika melebihi itu maka akan beresiko merusak pola tidur kamu.

 

Atur Jadwal Waktu Tidur

Cara menjaga pola tidur yang baik berikutnya adalah kamu bisa mengatur jadwal waktu tidur setiap harinya, kamu bisa mencoba membuat jadwal waktu tidur di malam hari dan waktu bangun setiap harinya. Hal ini sangat penting terutama bagi kamu yang diharuskan untuk pergi bekerja di pagi hari.

 

Mungkin hal ini akan sedikit sulit di awal untuk melakukannya terutama pada waktu libur, namun lama kelamaan orang yang tidur Sesuai dengan jadwal waktu tidur yang telah dibuat maka mereka akan memiliki pola tidur yang sehat dan baik untuk tubuh.

 

Minum Suplemen Jika Dibutuhkan

Bagi kamu yang mengalami insomnia ataupun tidak bisa tidur di malam hari kamu juga bisa mencoba meminum suplemen jika dibutuhkan agar pola tidur kamu tetap terjaga, suplemen seperti melatonin akan sangat membantu bagi orang-orang seperti kamu yang mengalami gejala insomnia.

 

Suplemen ini dapat kamu temui di apotik ataupun toko obat resmi lainnya, namun yang perlu kamu ingat kamu harus berhati-hati Karena tidak semua orang dianjurkan dan boleh meminum suplemen tersebut. Jadi ada baiknya kamu bisa mengkonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter.

 

Atur Suasana Kamar Tidur Senyaman Mungkin

Salah satu hal yang menjadi faktor terjaganya pola tidur adalah suasana kamar yang nyaman, untuk bisa menjaga pola tidur yang baik dan menjaga produktivitas kerja kamu kamu harus memastikan bahwa tempat untuk kamu tidur nyaman untuk ditiduri.

 

Kamu bisa memastikan lampu tidur yang redup, serta kasur dan bantal yang nyaman dan bersih, Dan terakhir kamu bisa menyesuaikan temperatur kamar yang pas untuk tubuhmu sehingga ruangan akan terasa nyaman, Selain itu kamu juga bisa menghindari berbagai aktivitas lain di tempat tidur contohnya seperti bermain game ataupun makan di tempat tidur kamu karena hal tersebut akan mengotori tempat tidur.

 

Lakukan Hal Yang Membuat Rileks

Tips yang terakhir untuk menjaga pola tidur yang baik adalah dengan melakukan hal yang membuat kamu rileks sebelum tidur, mungkin setiap orang akan melakukan sesuatu yang berbeda untuk bisa membuat rileks. Contohnya seperti:

 

  • Mendengarkan podcast sebelum tidur
  • Mendengarkan musik sebelum tidur
  • Mandi dengan air hangat terlebih dahulu
  • Membaca buku atau novel sebelum tidur
  • Olahraga sebelum tidur
  • Menonton film

Kamu bisa melakukan beberapa hal lain yang memang bisa membuatmu lebih rileks, dan melakukan aktivitas tersebut sebelum tidur. Namun yang perlu diingat kamu harus tetap usahakan untuk menghindari beberapa larangan di atas seperti meminum kopi di sore hari dan terlalu lama bermain HP.

 

Itu tadi pembahasan mengenai 7 tips menjaga pola tidur yang baik agar produktivitas kerja tetap terjaga, semoga beberapa tips di atas bisa membantu kamu yang mengalami kurang tidur karena pola tidur kamu kurang baik setiap harinya sehingga berakibat pada produktivitas dalam bekerja.

 

Bagi kamu yang saat ini belum memiliki pekerjaan kamu bisa mencari informasi terbaru mengenai lowongan pekerjaan di TopKarir, dapatkan juga berbagai informasi menarik lainnya seputar karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar