Pencari Karir Pencari Kandidat

7 Skill Yang Harus Dikuasai Fresh Graduate Jika Ingin Bekerja di Startup

07 Desember 2022 12:12 1140 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 3 KALI DIBAGIKAN

 

Untuk bisa bekerja di startup tentunya tidak sembarangan orang, karena biasanya budaya kerja di startup berbeda dibandingkan dengan bekerja di perusahaan besar seperti BUMN. 

 

Perusahaan startup biasanya memiliki karyawan atau pegawai yang lebih sedikit jadi tim dalam bekerja akan lebih kecil dibandingkan dengan tim di beberapa perusahaan besar. Namun meskipun demikian kita akan dituntut untuk tetap harus bekerja sesuai dengan jobdesk dan target dari perusahaan.

 

Agar bisa bekerja di startup tentunya kamu harus memiliki mental yang kuat serta menguasai beberapa skill penunjang pekerjaan, terutama jika kamu seorang Fresh Graduate bekerja di startup merupakan cara terbaik untuk mu bisa berkembang.

 

Kuasai beberapa skill ini terlebih dahulu jika kamu ingin bekerja di sebuah startup, apa saja skillnya? Mari simak pembahasan lebih lengkapnya hingga akhir dibawah.

 

7 Skill Yang Harus Dikuasai Fresh Graduate Jika Ingin Bekerja di Startup 

Startup memiliki budaya yang berbeda serta lingkungan kerja yang lebih kondusif, kamu bisa berinteraksi langsung dengan seluruh pegawai yang ada karena jumlahnya tidak banyak. Kita juga bisa langsung bekerja dibawah CEO atau para atasan lain dan mengambil ilmu mereka secara langsung saat bekerja.

 

Kuasai beberapa skill berikut ini agar kamu bisa bekerja di startup.

 

Kerjasama Tim

Dalam dunia startup Tentunya skill kerjasama tim merupakan hal yang harus bisa kamu kuasai, rata-rata para pekerja startup sering bekerja dalam beberapa tim kecil. Oleh karena itu kamu harus bisa berkoordinasi dengan sesama rekan kerja disana.

 

Kerja sama tim juga merupakan cara agar pekerjaan atau Project bisa selesai dengan waktu yang lebih cepat, hal ini karena kita bisa membagi jobdesk untuk setiap orangnya dengan imbang.

 

Teamwork atau kerjasama tim harus kamu kuasai, oleh karena itu Fresh Graduate harus sering-sering berlatih dan mengikuti beberapa projects di perusahaan agar mulai terbiasa.

 

Komunikasi

Skill yang harus Dikuasai Fresh Graduate berikutnya adalah skill komunikasi, komunikasi tentunya menjadi awal mula sebuah pekerjaan atau Project berjalan. Kamu harus harus bisa berkomunikasi sesama rekan kerja atau client.

 

Bahkan jika startup bekerja di bidang software yang notabene memiliki berbagai client dari luar negeri, maka kamu setidaknya harus bisa menguasai beberapa skill komunikasi di berbagai bahasa, minimalnya bahasa Inggris dan Indonesia.

 

Problem Solving

Setiap kali menyelesaikan Project tentunya kita harus bisa menyelesaikannya permasalahan yang ada pada projects tersebut. Maka dari itu, skill problem Solving merupakan skill Berikutnya yang harus dikuasai oleh fresh graduate jika ingin bekerja di startup.

 

Problem Solving atau pemecahan masalah merupakan skill yang akan sangat berguna saat bekerja, selain bisa menyelesaikan permasalahan yang ada pada pekerjaan, skill ini juga bisa sangat membantu jika ada masalah yang terjadi di internal.

 

Kamu harus bisa menguasai skill berpikir kritis agar problem Solving yang kamu kuasai bisa lebih baik lagi. Selain itu untuk bisa menguasai skill problem Solving kamu juga harus memiliki kemampuan analisis yang baik.

 

Kepemimpinan

Berikutnya adalah skill kepemimpinan atau leadership, seperti yang kita tahu di startup memiliki jumlah pekerja yang bisa dibilang tidak banyak, oleh karena itu jika sewaktu-waktu kamu disuruh menjadi seorang pemimpin di suatu projects kamu harus bisa.

 

Skill ini merupakan salah satu skill yang Wajib Fresh Graduate miliki ketika ingin bekerja di sebuah startup, untuk melatih skill kepemimpinan ini biasanya kamu harus sering mengikuti beberapa organisasi atau perkumpulan dan menjadi pemimpin atau ketua dalam sebuah acara atau event.

 

Manajemen Waktu

Berikutnya adalah skill manajemen waktu, karena dalam startup segala pekerjaan bisa saja dikerjakan oleh setiap orang maka skill manajemen waktu sangat penting untuk kamu kuasai.

 

Kamu harus bisa memanajemen waktu kamu dalam bekerja setiap harinya, karena saat ini sudah ada berbagai software yang bisa membantumu dalam manajemen waktu maka kamu bisa memanfaatkan Beberapa software tersebut untuk Membuat To do list pekerjaan yang harus dikerjakan setiap harinya.

 

Meskipun budaya kerja di startup akan lebih cepat alurnya dibandingkan dengan perusahaan lain namun kamu harus bisa memanajemen waktu antara kehidupan sehari-hari dan pekerjaan.

 

Kreatif dan Inovatif

Karena sebuah startup dibuat untuk menyelesaikan berganti permasalahan yang ada di masyarakat, maka kamu harus bisa menjadi seorang yang kreatif dan inovatif agar bisa membuat ide-ide yang out of the box dan bisa menyelesaikan permasalahan tersebut dengan cara yang paling efisien.

 

Bisa kita lihat bersama contohnya seperti Gojek, mungkin dulu siapa yang sangka bahwa ojek yang biasanya mangkal di pinggir jalan, sekarang malah bisa kita pesan secara mudah menggunakan handphone dan tanpa perlu pergi ke pangkalan mereka.

 

Hal ini tidak akan terjadi jika para pembuat dari gojek tidak memiliki skill kreatif dan inovatif bukan?

 

Kemampuan Dasar Software Komputer 

Skill terakhir yang harus di oleh seorang Fresh Graduate adalah kemampuan dasar software komputer, untuk bisa bekerja di sebuah perusahaan dimanapun, tentunya skill ini wajib kamu kuasai.

 

Minimal dalam bekerja kamu bisa menguasai beberapa software mengelola dokumen seperti Microsoft Office atau Google Suite. Yang nantinya akan kamu gunakan sehari-hari dalam bekerja.

 

Gabung TopKarir Community

 

Untuk bisa menguasai beberapa skill diatas tadi tentunya caranya cukup beragam, mulai dari belajar dari internet, mengikuti pelatihan, dan bergabung dengan komunitas yang menyediakan itu semua.

 

Emang ada komunitas yang menyediakan berbagai hal tersebut? Tentunya ada, dan kamu bisa gabung dengan kami di TopKarir Community. Untuk kamu yang ingin bergabung bisa mengunjungi link berikut ini : TopKarir Community.

 

Bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan terbaru, kamu bisa mengunjungi TopKarir, selain lowongan kerja kamu juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar